Kantin Sehat di Sekolah Wilayah Jakarta Pusat Diterapkan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas (Sudin) Pendidikan berkolaborasi dengan Sudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan pembinaan di seluruh Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat dalam menerapkan kantin sehat.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan penerapan kantin sehat yang dalam artian bersih serta semua makanan dan minuman diproduksi secara higienis dan berkualitas.

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut arahan PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk menciptakan kantin sekolah sehat dan bersih dengan melakukan pembinaan dari Suku Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Suku Dinas Kesehatan untuk menekankan ke tiap-tiap kantin sekolah," katanya.

Hal ini dilakukan, lanjutnya, untuk meyakinkan bahwa konsumsi makanan atau minuman yang dijajakan di kantin sekolah bersih, sehat dan aman.

"Tentu kita mengimbau melalui Suku Dinas Pendidikan kepada para kepala sekolah bersama komite sekolah untuk menyatukan komitmen bersama dalam rangka menjaga anak-anak kita dari makanan-makanan yang ada di kantin sekolah. Kantin sekolah harus terjaga kesehatannya serta keamanannya," jelasnya.

Di tempat terpisah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Negeri 72 Kecamatan Gambir Ayiroslina mengatakan, pihaknya juga mengupayakan agar siswa-siswi untuk membawa makanan dan minuman dari rumah sendiri.

"Kita upayakan untuk anak-anak membawa tempat makan dan tempat minum sendiri. Awalnya anak-anak susah untuk disuruh membawa barang tersebut, seiring berjalan nya waktu anak-anak membawa tempat makan atau bekal sendiri," kata.

Selain itu, Ayiroslina melanjutkan, sekolah ini juga menyediakan kantin sehat yang makanannya dicek secara rutin baik dari kebersihan dan keamanannya.

"Di kantin sekolah ini selalu dicek rutin kebersihan dan keamanan makanannya serta dicek kesehatan tubuh murid-murid secara rutin oleh tim medis," ungkapnya.

Ayiroslina mengatakan, konsep kantin sehat sangat diperlukan guna memastikan siswa-siswi mendapat gizi dari makanan dan minuman yang berkualitas.

"Dengan mendapatkan asupan makanan yang bersih, siswa dapat terhindar dari beragam penyakit sehingga bisa mengikuti pelajaran dengan optimal," tandasnya.