Kartu Pekerja Jakarta Tahap 2 Serentak Didistribusikan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pendistribusian Kartu Pekerja Jakarta. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan Pendistribusian Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) Tahap 2 Tahun 2022 yang dilaksanakan secara serentak di Balai Kota dan lima wilayah Kota Administrasi secara hybrid.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, tugas dari pemerintah ialah memastikan semua warga bisa menjalani kehidupan dengan layak seperti kebutuhan dasar bisa terpenuhi dan bisa menyiapkan minimal generasi berikutnya, untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Semua masyarakat yang berada di Jakarta apapun perannya masing-masing punya kontribusi terhadap Jakarta.

"Bagian dari kami adalah mengembalikan sebagian kontribusi  dalam bentuk dukungan khususnya bagi mereka yang belum bisa meraih kemandirian dan belum bisa memenuhi kebutuhan pokoknya," katanya.

Menurutnya, pemberian KPJ ini sekaligus menyongsong Hari Buruh Internasional yang akan diperingati beberapa hari lagi. "Ini bagian dari peringatan itu, sekaligus pemberian kartu harap dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan berharap bantuan akan terus berlanjut sampai nanti generasi berikutnya, terus meningkat lebih baik, dan kelangsungan hidup hari ini bisa lebih terjamin," ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin yang turut menghadiri dan mendistribusikan Kartu Pekerja dari Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat mengatakan pendistribusian kartu pekerja merupakan wujud hadirnya pemerintah dalam mengurangi beban para pekerja yang ada di Jakarta khususnya Jakarta Pusat.

“Pada hari ini pendistribusian kartu pekerja sebanyak 86 kartu di wilayah Jakarta Pusat. Kartu pekerja tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbelanja kebutuhan pokok di counter Jakmart milik Pemprov DKI Jakarta,” katanya.

Iqbal berharap dengan adanya kartu tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas keluarga. "Ujungnya nanti merupakan potensi dasar untuk memberikan kontribusi positif  bagi pergerakan perekonomian yang ada di provinsi DKI Jakarta," tutupnya.

Untuk diketahui, selain mendistribusikan KPJ dalam kegiatan ini juga peluncuran Kartu Anak Jakarta, Kartu Lansia Jakarta, Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta, serta pemberian dana stimulasi bagi Karang Taruna.

Sebanyak 459 pekerja Jakarta menerima KPJ dari lima wilayah yang ada di Jakarta.

Turut hadir mendampingi Sekko Administrasi Jakarta Pusat dalam acara ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Sudin Nakertrans Jakarta Pusat, Fidiyah Rokhim, Kepala Bagian Perekonomian M Yasin Pasaribu, Kepala Bagian Umum dan Protokol Istya Sati Murmendyah.