Kawasan Unggulan Cempaka Baru Jadi Lokasi Anak Manfaatkan Libur Sekolah

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Anak-anak bermain di kawasan unggulan RW 05, Kelurahan Cempaka Baru. Foto: Malik Maulana

Progres penataan kawasan unggulan di beberapa wilayah sudah memasuki tahap akhir, salah satunya berlokasi di RW 05, Kelurahan Cempaka Baru, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kawasan unggulan yang diberi nama oleh masyarakat setempat sebagai Taman Interaksi warga ini semakin nyaman digunakan warga dalam melakukan berbagai aktivitas, termasuk mengisi waktu liburan sekolah.

Lurah Cempaka Baru Cheriyadi menerangkan, taman interaksi warga ini memang menjadi salah satu ruang publik idola anak-anak yang sedang menjalani masa libur semester sekolah.

"Jadi pihak orang tua ga bingung untuk mengawasi anak-anaknya karena udah disiapkan tempat untuk bermain mengisi liburan," ujar Cheriyadi saat melakukan peninjauan ke kawasan tersebut, Selasa (20/12).

Di lokasi ini, lanjut Cheriyadi, memang terlihat anak usia sekolah dasar memanfaatkan ruang publik bernuansa warna-warni untuk melakukan interaksi bersama teman sebaya, bermain permainan tradisional, dan kegiatan membaca buku.

"Ada taman bacaan ya, di samping liburan para anak bisa baca-baca. Yang penting dia cinta dulu dengan buku, anak anak kalo udah cinta dengan buku dia akan terus membaca. Jadi memang benar bermanfaat taman interaksi warga RW 05 ini dipakai untuk kegiatan libur sekolah sampai 2 Januari 2023," terangnya.

Cheriyadi berharap agar keberadaan kawasan unggulan ini dapat terus dimanfaatkan warga dari berbagai kalangan, dan seluruh elemen masyarakat di lingkungan RW 05. Serta menjaga keindahan dan kenyamanannya di lokasi yang baru ditata ini.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat telah melakukan penataan kawasan di lokasi unggulan di tiap kelurahan. Penataan kawasan ini diharapkan memiliki manfaat bagi masyarakat di sekitarnya.