Kebon Kosong Ikuti Sayembara Kampung Tangguh Jaya Polda Metro Jaya

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Kunjungan tim verifikasi Sayembara Kampung Tangguh Jaya Piala Kapolda Metro Jaya. Foto: Malik Maulana

Kampung Tangguh Jaya (KTJ) RW 06 Kelurahan Kebon Kosong menerima kunjungan tim verifikasi Sayembara Kampung Tangguh Jaya Piala Kapolda Metro Jaya dalam Rangka HUT Polda Metro Jaya ke-73 yang digagas Astra.

Lurah Kebon Kosong Alfalast Dewanto  dalam keterangannya menjelaskan, kunjungan ini dilakukan untuk melakukan verifikasi lapangan dari indikator yang telah ditetapkan oleh panitia sebelumnya.

"Survei langsung mengenai penangan Covid-19, keamanan, kewirausahaan, remajanya juga pemberdayaannya seperti apa, khususnya juga pemberdayaan masyarakat seperti apa memang tadi kita sudah di tanya-tanya, hasilnya mudah-mudahan cukup puas," ungkap Alfalast, di RW 06 Kampung Tangguh Jaya, Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (18/11).

Dia juga berharap setelah proses verifikasi ini Kampung Tangguh Jaya RW 06 dapat meraih gelar juara dan semakin giat dalam melakukan pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, Anggota Tim Verifikasi Levia mengatakan, kegiatan ini merupakan penjurian tahap kedua untuk sayembara KTJ tahun 2022 yang sebelumnya di tahap 1 sudah laksanakan di tanggal 11 November 2022.

"Ini merupakan enam finalis yang berhasil masuk ke tahap kedua. Salah satunya Kampung Tangguh Jaya RW 06 Kelurahan Kebon Kosong," ungkapnya.

Levia melanjutkan, yang dinilai dalam tahap kedua ini lebih terkait dengan sumber daya manusia di daerah tersebut, misalnya implementasi di lapangan terkait kerja sama, program lingkungan, kewirausahaan, keamanan, pencegahan Covid-19, dan juga narkoba.

Selain itu, lanjutnya, mengenai sarana dan prasarana pendukung dari program-program yang sedang berjalan merupakan unsur penting untuk terlaksananya satu program di suatu kampung.

"Kurang lebih program itu yang kita tekankan di kunjungan lapangan ini. Alhamdulillah di tanggal 18 November ini sudah kita kunjungi RW 06 Kebon Kosong Kelurahan Kemayoran itu sudah kita kunjungi dan Alhamdulillah untuk aspek-aspek yang kita nilai sendiri sudah mendekati yang kita harapkan," imbuhnya.

Sebagai informasi, pengumuman pemenang kampung tangguh jaya ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 Desember bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Polda Metro Jaya, yang tentunya nanti dari masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah pembinaan dari penyelenggara.