Kelurahan Karet Tengsin Kembali Galakan Posyandu

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Kegiatan Posyandu di Kelurahan Karet Tengsin. Foto: pusat.jakarta.go.id

Kehadiran Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) sebagai pelayanan dasar kesehatan seperti imunisasi, ibu hamil, balita, lansia, dan vaksinasi sangat dibutuhkan warga masyarakat. Semenjak pandemi Covid-19 kegiatan posyandu vakum selama dua tahun, kini kembali digalakkan.

Lurah Karet Tengsin Hari Ananda mengatakan, kegiatan Posyandu di Karet Tengsin sudah mulai berjalan di triwulan ke dua ini. Totalnya ada 13 Posyandu yang tersebar di delapan RW se-Kelurahan Karet Tengsin.

"Kita sudah galakan kembali kegiatan Posyandu di setiap RT, karena kegiatan tersebut sangat dibutuhkan warga masyarakat," kata Hari didampingi Kasie Kesra Kelurahan Karet Tengsin Anisa di sela-sela peninjauan kegiatan Posyandu di Pos RW 07, Rabu (18/5).

Menurutnya, ada sekitar 58 balita yang datang pada kegiatan Posyandu kali ini, dan akan terus bertambah mengingat jumlah balita di wilayah Kelurahan Karet Tengsin totalnya ada sekitar 800-an tersebar di delapan RW.

Hari menambahkan bahwa kegiatan Posyandu dilakukan satu bulan sekali dan secara bergiliran seperti, saat ini Posyandu dilakukan di RW 07, bulan berikutnya RW 08, dan seterusnya.

"Mudah-mudahan dengan digalakan kembali kegiatan Posyandu ini, kita bisa memonitor kesehatan balita mulai dari berat badan, tinggi badan, serta menyalurkan makanan tambahan kepada balita dan lansia," katanya.

"Saya berharap kepada warga yang mempunyai balita supaya rajin membawa balita ke posyandu agar dapat terpantau kesehatan dan perkembangan tubuh balita dari bulan ke bulan," imbuh Hari.