Kelurahan Kartini Gelar Posyandu Balita

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pusat Pelayanan Terpadu (Posyandu) Balita, di Kantor Sekretariat RW 01, Kecamatan Sawah Besar, Selasa (7/6). Foto: Malik Maulana

Kelurahan Kartini bersama puskesmas menggelar Pusat Pelayanan Terpadu (Posyandu) Balita, di Kantor Sekretariat RW 01, Kecamatan Sawah Besar, Selasa (7/6).

Lurah Kartini Ati Mediana menjelaskan, ini merupakan bulan kedua pelaksanaan posyandu balita yang dilakukan terpusat di setiap RW pasca-Covid-19.

"Posyandu balita rutin dilaksanakan setiap bulan. Namun, pada masa pandemi posyandu dilakukan secara door to door tetapi bulan kemarin sudah mulai offline," katanya.

Ati menjelaskan, di RW 01 ada 45 balita yang tercatat dalam pendataan, namun dari hasil pelaksanaan yang dilakukan setiap bulannya ada 35 balita yang aktif ke posyandu.

"Dalam posyandu ini para balita ditimbang, diukur tinggu badan, diberikan makanan tambahan serta pemberian imunisasi dan vitamin di bulan-bulan tertentu," jelasnya.

Menurutnya, posyandu sangat penting karena merupakan pelayanan kesehatan yang langsung ke masyarakat terkait keadaan gizi balita khususnya di Kelurahan Kartini.

"Posyandu membuat gizi balita terpantau dengan baik secara periodik.  Kami dibantu Puskesmas Kelurahan Kartini untuk pengecekan dan pendataannya terkait kondisi balita yang ada di kelurahan baik yang bergizi baik ataupun bergizi buruk," tuturnya.

Untuk di Kelurahan Kartini, lanjut Ati, ada di beberapa RW ditemukan anak yang kondisinya stunting tetapi sudah langsung ditangani oleh puskesmas dengan baik.

"Puskesmas dengan cekatan mendatangi, mendata, dan memberikan penjadwalan untuk pemeriksaan serta memberikan makanan tambahan berupa susu," paparnya.

Ati pun berharap dalam kegiatan pelayanan kesehatan yang langsung ke masyarakat seperti posyandu ini kedepannya diberikan anggaran khusus untuk pemberian makanan tambahan dan alat kesehatannya.

"Semoga kedepannya ada anggaran khusus sehingga, pemberian makanan tambahan bisa ditingkatkan kembali jumlahnya agar lebih sempurna dan alat kesehatannya dipercepat penggantiannya karena saya lihat timbangan di RW 01 ini sudah eror," ungkapnya.

Sementara itu, Evi warga RW 01 Kelurahan Kartini yang mengajak dua buah hatinya mengikuti posyandu mengaku, posyandu sangat penting untuk mengetahui tumbuh kembang anak. "Posyandu penting karena untuk update setiap bulan perkembangan anak, dan setiap bulan rutin ikut posyandu," tuturnya.