Kelurahan Kenari Kolaborasi dengan PGI Buka Layanan Vaksinasi Booster

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksinasi Booster di Grha Oikoumene PGI. Foto: Malik Maulana

Kelurahan Kenari berkolaborasi dengan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menggelar pelayanan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau Booster, di Grha Oikoumene, Jalan Salemba Raya Nomor 10, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Senin (11/4).

Lurah Kenari Ojoh Juhariah mengatakan, layanan vaksinasi Booster ini digelar untuk memperbanyak layanan vaksinasi di wilayah Kelurahan Kenari dan Kecamatan Senen.

"Tujuannya memperbanyak titik vaksin, sehingga warga masyarakat lebih mudah melakukan vaksinasi," katanya saat ditemui di lokasi.

Ojoh memaparkan, saat ini sentra vaksinasi di Kelurahan Kenari ada di tiga titik yaitu, Kantor kelurahan Kenari, RPTRA, dan Grha Oikoumene PGI.

"Kami menerima vaksinasi untuk masyarakat luas, tidak hanya warga Kelurahan Kenari saja, kami terbuka untuk umum," ucapnya.

Ojoh berharap pelaksanaan vaksinasi ini terus berjalan lancar, sehingga masyarakat bisa mudah mendapatkan vaksinasi. "Semoga lebih banyak lagi masyarakat yang tervaksin, sehingga dapat mencegah dan mengurangi dampak Covid-19,"ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kelurahan Kenari Somara menjelaskan Vaksinasi di PGI digelar mulai tanggal 11 hingga 28 April 2022 mulai pukul 08.00-11.30 WIB.

"Kami menggunakan vaksinasi jenis AstraZeneca dengan kuota 400 orang perhari, 200 untuk pendaftaran melalui aplikasi JAKI 200 dan 200 go show (datang langsung)," jelasnya.

Somara mengungkapkan, saat ini antusiasme masyarakat untuk melakukan vaksinasi Booster cukup tinggi. "Mungkin karena masih hari pertama dan saat ini masih lengang. Tetapi hari-hari selanjutnya akan ramai karena sudah pada tahu, apalagi sekarang vaksinasi Booster menjadi salah satu syarat masyarakat yang ingin mudik tanpa tes antigen," ungkapnya.

Di lokasi yang sama Aiko Warga Penataran Kelurahan Pegangsaan yang mendaftar melalui aplikasi JAKI senang dengan adanya vaksinasi di Grha Oikoumene karena dekat dengan rumahnya.

"Kebetulan hari ini libur kerja, sengaja Daftar melalui JAKI karena paling dekat dari rumah," ucapnya.

Aiko mengaku, mengikuti vaksinasi Booster untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya dari Covid-19 agar tidak terpapar kembali karena sebelumnya pernah terpapar.

"Saya sudah pernah kena Covid-19 sebelumnya, efek dari vaksin memang meringankan gejalanya, jadi menurut saya vaksin memang dibutuhkan sampai Booster," tuturnya.

"Sebaiknya ikut vaksin Booster karena berpengaruh sekali, apalagi lansia, efeknya meringankan gejalanya, sehingga tidak terlalu parah," tutupnya.