Kelurahan Petamburan Gelar Vaksinasi Anak di SD Negeri 03 Pagi

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksinasi Merdeka Anak, di SD Negeri 03 Pagi Petamburan, Kamis (6/1). Foto: pusat.jakarta.go.id

Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Polres Metro, Puskesmas, dan sekolah menggelar vaksinasi anak usia 6-12 tahun hingga lansia melalui program Vaksinasi Merdeka Anak, di SD Negeri 03 Pagi Petamburan, Kamis (6/1).

"Vaksinasi merdeka anak yang kita gelar ini, di khususkan bagi anak yang belum ikut vaksin pada periode pertama serta memberikan kesempatan kepada warga usia 12 hingga lansia agar ikut vaksin juga," jelas Lurah Petamburan Setyanto, di lokasi kegiatan, Kamis (6/1).

Setyanto mengungkapkan, anak usia 6 -11 tahun yang sudah divaksin di wilayahnya sudah mencapai 1.784 anak atau 82 persen dari target 2.226 anak yang tersebar tujuh sekolah SD Negeri, lima sekolah Taman Kanak-kanak (TK), dan 11 PAUD.

Setyanto juga berharap bagi anak yang tertunda menjalani vaksin karena kondisi kesehatan agar segera mengikuti vaksin. "Saya imbau kepada anak-anak agar tidak usah takut menjalani vaksinasi Covid-19, karena sudah banyak teman-temannya menjalani vaksin dan sampai sekarang aman tidak ada masalah," katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 03 Petamburan Mugiono menjelaskan, kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi anak didiknya sampai siang hari ini yang sudah menjalani vaksinasi sebanyak 366 siswa-siswi atau 92,4 persen dari target 396. Sedangkan yang belum vaksin karena kondisi kesehatan dan karena alasannya lainnya sebanyak 30 siswa.

"Saya akan tetap berusaha untuk menyadarkan kepada orang tuanya, karena sampai saat ini belum ada keterangan resmi, hanya sebatas keterangan dari gurunya bahwa katanya sakit, dan ada juga yang sebagian tidak izinkan. Jika sampai besok tidak mau vaksin, akan saya minta untuk membuat pernyataan agar saya sebagai pendidik mempunyai alasan tepat untuk melaporkan ke atasan," ucapnya.

Di tempat yang sama, Bhabinkamtibmas Kelurahan Petamburan Bripka Ginanjar juga  mengimbau kepada warga masyarakat untuk mengikuti Vaksinasi Merdeka Anak yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Jabodetabek.

"Kami mohon partisipasi kepada orang tua murid, guru, serta stakeholder lainnya mari kita sukseskan Vaksinasi Merdeka Anak untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok sehingga terbebas dari pandemi Covid-19," harapnya.