Kelurahan Senen Gelar Vaksinasi di RPTRA

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksinasi di RPTRA Planet Senen. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Guna mendukung percepatan vaksinasi, Kelurahan Senen bersama Puskesmas Kecamatan Senen menggelar vaksinasi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Planet Senen, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (19/4).

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasie Kesra) Kelurahan Senen Santoso mengatakan, vaksinasi ini digelar mulai hari Senin hingga Jumat mendatang dengan 150 dosis perhari.

"Di sini menyediakan vaksinasi dosis pertama, kedua, dan ketiga atau booster. Jenis vaksinnya menyesuaikan ketersediaan yang ada seperti, Sinovac, AstraZeneca, dan Pfizer," katanya.

Sebelum menyelenggarakan vaksinasi ini, lanjut Santoso, pihaknya sudah terlebih dahulu memberitahukan ke tiap-tiap RW. "Pihak kelurahan sudah melayangkan surat dan melakukan pemberitahuan di whatsapp grup RW, para Ketua RW akan memberitahu para Ketua RT dan RT yang mengabarkan ke warganya, sehingga antusiasme meningkat untuk mengikuti vaksinasi," ujarnya.

Santoso mengungkapkan, Kelurahan Senen bersama para kolaborator terus berupaya menambah sentra-sentra vaksin guna mempermudah masyarakat mendapatkan vaksinasi.

"Kita juga pernah melakukan vaksinasi malam di kantor Kelurahan Senen, dan ada juga dari TNI AL di Stasiun Senen, dan besok ada dari Polri di Terminal Senen," ungkapnya.

"Anjuran dari pemerintah untuk menambah imunitas harus di Booster. Dan saat ini pencapaian vaksinasi di wilayah Kelurahan Senen sudah mencapai 88 persen," imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Fery warga Kelurahan Senen mengatakan, vaksinasi sangat berpengaruh bagi kesehatan dan imunitas tubuh. Untuk itu, ia mencari informasi lokasi vaksinasi yang ada di wilayahnya.

"Vaksin sangat penting sekali karena dengan kita mengikuti vaksinasi dari awal hingga ketiga ini sehat tidak ada apa-apa. Tahu ada vaksinasi di sini saya  bertanya ke RT karena ingin divaksin," ucapnya.

"Gak perlu takut vaksin, karena keuntungan dari vaksin ini sangat nyata makannya harus cepat-cepat vaksin," ajaknya.