Kelurahan Tanah Tinggi Tata Bantaran Kali Sentiong

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan di bantaran Kali Sentiong. Foto: Malik Maulana

Bantaran Kali Sentiong di Jalan Pulo Gundul menjadi kawasan unggulan yang diusulkan Kelurahan Tanah Tinggi dalam penataan wilayah di Jakarta Pusat.

Pelaksana tugas (Plt) Lurah Tanah Tinggi Ferry Zahrudin mengatakan, pemilihan wilayah tersebut untuk mengubah stigma kumuh menjadi lingkungan yang hijau.

"Awalnya di lokasi tersebut banyak tumpukan sampah dan bangunan liar, Alhamdulillah sudah kita benahi dengan memperbaiki kanstin dan turap, ditanami tanaman hias, serta tanaman produktif. Dan penataan sudah mencapai 90 persen," ucapnya, Selasa (6/12).

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Tanah Tinggi Sadiah menerangkan, penataan ini disambut baik oleh masyarakat, sehingga akan dilakukan secara berkelanjutan di sepanjang jalan tersebut.

"Alhamdulillah warga sekitar dan yang melintas senang wilayahnya ditata, pelan-pelan akan kita tata kawasan ini. Mudah-mudahan bisa terlaksana sehingga lebih asri, indah, dan lebih bagus," terangnya.

Nantinya, lanjut Sadiah, perawatan akan melibatkan masyarakat sekitar, sehingga wilayah tersebut bisa terus terjaga keindahannya.

"Karena ada tanaman produktif, nantinya tanaman tersebut akan bermanfaat juga untuk warga seperti tanaman mangga atau lengkeng, jambu air, dan lainnya," ucapnya.

Sementara itu, Warga Tanah Tinggi Zuhri mengaku senang dengan penataan ini karena terlihat rapi dan enak dipandang mata. "Alhamdulillah, tadinya tidak beraturan sekarang menjadi rapih. Insya Allah masyarakat akan ikut merawat dan menjaga," tandasnya.