Keruk Kali PHB Rawa Kerbau, Sudin SDA Angkut 80 Meter Kubik Lumpur

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Pengerukan lumpur di Kali PHB Rawa Kerbau, Jalan Letjen Suprapto No 14, RT 10 RW 07, Kelurahan Cempaka Putih Timur. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengeruk lumpur di Kali PHB Rawa Kerbau, Jalan Letjen Suprapto No 14, RT 10 RW 07, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Jumat (25/2).

Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Pusat Achmad Daeroby mengungkapkan, pengerukan di sepanjang 100 meter dan lebar 4 meter ini hanya berlangsung satu hari ini saja.

"Pengerukan ini, selain mengantisipasi banjir yang kerap terjadi di wilayah Cempaka Putih juga memperdalam kali di area sekitar untuk menarik air dari hulu," ucapnya.

Dalam pengerukan ini, kata Achmad, mengerahkan sebanyak 20 Satgas SDA, 10 unit armada, dan satu alat berat long arm.

"Hasilnya sebanyak 80 meter kubik lumpur berhasil diangkut di Kali PHB Rawa Kerbau. Dan dengan pengerukan lumpur ini daya tampung kali lebih banyak," katanya.

Menurutnya, ada kendala dalam pengerjaan pengerukan Kali PHB Rawa Kerbau seperti, akses jalan dan pohan yang harus dipangkas karena menghalangi alat berat masuk.

"Untuk kendala karena ini akses jalan besar jadi petugas kami membantu mengatur lalu lintas dan ada beberapa pohon yang kita lakukan pemangkasan agar mempermudah alat besar kami mengeruk," jelasnya.