Ketua PKK Jakpus Ajak Warga Gondangdia Jadi Jumantik Mandiri

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ketua PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan pemeriksaan jentik nyamuk di pot tanaman. Foto Vhatra

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengajak warga Kelurahan Gondangdia untuk menjadi juru pemantau jentik (Jumantik) mandiri.

Hal ini diungkapkannya saat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/6).

Dalam kesempatan ini, Ucu bersama para kader Jumantik melakukan pengecekan ke beberapa rumah warga, sekaligus mengajak warga untuk menjadi Jumantik mandiri. Hal ini dilakukan Bagi rumah warga yang sulit dijangkau kader Jumantik.

“Untuk rumah yang sulit dijangkau kader Jumantik kita mengajak warga sekitar menjadi Jumantik mandiri,” ungkapnya, didampingi Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin.

Dari hasil pemantauannya terhadap jentik nyamuk, menurutnya, ada beberapa jentik yang ditemukan saat PSN. Rata-rata jentik ditemukan pada pot-pot tanaman yang tergenang air, dan sisa botol bekas.

Ucu beserta kader Jumantik pun langsung melakukan penanganan dengan menaburkan bubuk Abate. “Mudah-mudahan temuan jentik ini tidak menambah kasus DBD yang ada di Kelurahan Gondangdia,” jelasnya.

Ucu juga mengingatkan warga untuk tetap waspada terhadap penyakit DBD sebab musim hujan belum berakhir.