Ketua TP PKK Bersama Lurah Cideng Panen Sayur Hidroponik di RPTRA Mustika

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Panen sayur hidroponik di RPTRA Mustika Cideng. Foto: pusat.jakarta.go.id

Hidroponik merupakan salah satu teknik bercocok tanam modern yang hanya memanfaatkan air, tanpa menggunakan media tanah, kerikil ataupun yang lainnya.

Tujuan utama hidroponik adalah menghilangkan sebanyak mungkin hambatan antara akar tanaman dan air, oksigen dan juga nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh.

Selain itu, beberapa kelebihan hidroponik antara lain kualitas sayuran lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida, perawatan lebih praktis, lahan yang dibutuhkan sederhana, dan lain-lain.

Seperti di RPTRA Mustika Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, setelah menunggu selama tiga minggu pasca-penyemaian bibit, ragam sayuran hidroponik berhasil dipanen secara bersama.

Panen sayur hidroponik ini dipimpin Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah, didampingi Lurah Cideng Agus Aripianto, dan juga Pokja 3 TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat.

"Kita berhasil memanen sebanyak 13 kg sayuran pakcoy, 4,5 kg samhong, dan 1 kg bayam merah dari hasil sayuran hidroponik," kata Lurah Cideng Agus Aripianto saat dikonfirmasi, Jumat (4/2).

Agus menambahkan, dalam kegiatan panen ini yang merupakan hasil kerja sama dengan Pokja 3 TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat sebagai penyedia bibit sayuran hidroponik.

“Salah satu program pokok Pokja 3 TP PKK kan masalah sandang dan pangan, nah ini bentuk pengaplikasiannya. Setelah dipasarkan, uang hasil penjualannya dari panen ini kemudian dikumpul dan dikembalikan untuk membeli keperluan lainnya dalam pengelolaan sayuran hidroponik,” jelas Agus.