Ketua TP-PKK Jakpus Datangi Korban Kebakaran Karet Tengsin

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Pemberian bantuan bagi korban kebakaran di Karet Tengsin. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pada hari Sabtu (12/11) lalu sekitar pukul 02.30 kabar duka kembali menyeruak, datang dari peristiwa Jaya 65 (kebakaran) yang terjadi di RT 15 RW 04, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sedikitnya tujuh petak rumah semipermanen ludes dalam kebakaran yang terjadi. Diduga kebakaran tersebut berasal dari warga yang sedang memasak. Tidak ada korban jiwa dari kebakaran itu.

Para korban ini ditampung dibeberapa tempat, antara lain di balai RT 15 RW 4, rumah Ketua RT 15 serta kediaman warga sekitar yang tidak terkena kebakaran.

Pada hari ini, Selasa (15/11), Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah didampingi Camat Tanah Abang Dicky Suherlan dan Lurah Karet Tengsin Hari Ananda mengunjungi sekaligus memberikan bantuan kepada para korban kebakaran.

Ucu menerangkan, sejatinya mengalami musibah tidak ada yang siap terlebih yang berdampak pada habisnya harta benda.

Menurutnya, keikhlasan dan kesabaran saat datangnya musibah seperti kebakaran ini merupakan kunci lulus dari ujian yang diberikan.

“Nyatanya ikhlas dan sabar itu sulit diperbuat, namun semoga Allah mengganti dengan yang lebih baik,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Ucu memberikan bantuan berupa peralatan salat, sembako dan juga pampers, serta kebutuhan mendasar lainnya.

“Tidak banyak yang kami berikan, namun yang pasti sedari kemarin saya ingin kesini, menengok para korban, ingin memberikan cinta, kasih sayang serta dukungan kepada para ibu-ibunya,” ucap Ucu.

Terakhir Ucu berpesan agar tetap waspada dengan penggunaan kompor, jangan sampai lengah yang dapat berakibat fatal.

Di tempat yang sama, Lurah Karet Tengsin Hari Ananda menjelaskan, peristiwa ini menghanguskan tujuh bangunan, namun yang terbakar habis sebanyak empat bangunan.

“Terdapat 21 KK yang terdiri dari 42 jiwa yang terdampak dalam musibah kebakaran ini. Alhamdulillah bantuan terus berdatangan, ada dari Pemprov DKI melalui Dinas Sosial dan juga BPBD, selain itu pula yang terpenting peran serta dari warga masyarakat sekitar yang terkumpul dana sebanyak 30 juta,” jelasnya.