Ketua TP-PKK Jakpus Tinjau KSTTB di Dua RW Kelurahan Paseban

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah meninjau KSTTB di dua RW Kelurahan Paseban. Foto: pusat.jakarta.go.id

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah melakukan peninjauan lokasi pilot project Keluarga Sehat Tanggap Tangguh Bencana (KSTTB) di dua RW yang ada di Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (22/2).

Dalam tinjauannya, Ucu Jamilah menjelaskan, Kelurahan Paseban merupakan pilot project KSTTB peduli lingkungan. Di RW 07 warganya telah menerapkan pilah sampah melalui bank sampah dan di lingkungan RW 08 telah membentuk gang hijau sehingga lebih terasa asri dan sehat.

"Di RW 07 liat bank sampah dan lanjut ke RW 08 lihat kawasan permukiman yang asri dan sehat," ungkapnya didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Senen Lidia Erlisa dan Lurah Paseban M Soleh.

Setelah berkeliling melakukan peninjauan, Ucu meminta perlu adanya pemanfaatan lahan yang baik dan pengembangan sistem pengolahan sampah di lokasi RW tersebut untuk memastikan lingkungan serta masyarakat hidup bersih dan sehat.

"Semoga segera dimanfaatkan lahan untuk tanaman seperti toga karena belum banyak, lalu tanaman sayuran dan lainnya. Selain itu, target enam bulan ke depan akan ada penambahan anggota bank sampah agar keluarga mulai memilah sampah dari sumbernya," katanya.

Sementara itu, Lurah Paseban M Soleh mengungkapkan, program KSTTB merupakan sebuah tantangan baru di tahun 2022, dalam menuju wilayah Paseban menjadi kawasan bersih dan sehat.

"Saya prinsipnya sangat mendukung terkait program KSTTB di RW 07 dan 08, karena ini kesempatan kami untuk mengedukasi warga guna mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui program-program KSTTB. Serta menumbuhkan kesadaran dan komitmen keluarga untuk hidup sehat dan tanggap tangguh bencana di wilayah Paseban," terangnya.