Klenteng Hian Thian Siang Tee Bio Siap Sambut Imlek

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pelaksanaan ibadah di Klenteng Hian Thian Siang Tee Bio yang berada di Jalan Gelora IX, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah, Jakarta Pusat. Foto: Malik Maulana

Jelang hari Hari Raya Imlek 2573 Kongzili yang akan diperingati besok, Selasa (1/2) pengurus Klenteng Hian Thian Siang Tee Bio, di Jalan Gelora IX, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat melakukan bersih-bersih dilingkungan klenteng, Senin (31/1) pagi.

Sejak pukul 08.00 WIB para pengurus terlihat menyapu ruangan dan halaman klenteng serta menyusun bangku-bangku yang akan digunakan para jemaat untuk menunggu giliran beribadah.

Pengurus Klenteng Hian Thian Siang Tee Bio Adi Suhadi mengatakan, bersih-bersih ini rutin dilaksanakan untuk persiapan menyambut Tahun Baru imlek. "Iya sejak pagi kita sudah bersihkan, menyambut guna menyambut Tahun Baru Imlek semua kita siapkan dengan baik," ungkapnya di lokasi.

Adi menuturkan, karena masih di masa pandemi persiapannya pun dilakukan sedikit berbeda dengan menyiapkan tempat cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh.

"Karena masih pandemi kami tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), tadi pagi juga sudah disemprot disinfektan oleh dari Gulkarmat kecamatan," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk jemaat yang akan sembahyang di dalam klenteng dibatasi. "Kita batasi, untuk yang sembahyang 10 orang bergantian, jika sudah ada 10 orang di dalam kita stop dulu, jadi bergiliran sudah kita siapkan kursi untuk menunggu," ucapnya.

Di Klenteng Hian Thian Siang Tee Bio yang telah berdiri 250 tahun lalu sejak jaman penjajahan Belanda ini, juga tak dimeriahkan oleh acara Barongsai atau Liong Naga.

"Karena masih pandemi, klenteng juga tidak menghadirkan pertunjukan Barongsai atau Liong Naga, waktu sebelum pandemi selalu ada tiap Imlek," tutupnya.