Kolaborasi dengan Warga Kunci Sukses Atasi Banjir di RW 07 Tanah Tinggi

Reporter: Shabrina Saraswati | Editor: Andreas Pamakayo

Kerja bakti gerebek lumpur di RW 07 Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Minggu (2/1). Foto: Shabrina Saraswati

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin melakukan monitoring kerja bakti gerebek lumpur di RW 07 Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Minggu (2/1).

Menurutnya, kerja bakti gerebek lumpur ini rutin dilakukan dalam upaya membersihkan lingkungan. "Kegiatan rutin tiap minggu ini dalam upaya pembersihan dan penataan di lingkungan Kelurahan Tanah Tinggi yang mayoritas 90% pemukiman padat penduduk," ujar Iqbal.

Dalam tinjauannya, Iqbal menemukan banyak saluran air yang tertutup sehingga dibutuhkan pembongkaran saluran.

"Pembongkaran saluran dilakukan untuk memudahkan petugas melakukan pembersihan dan pengangkutan lumpur," katanya.

Iqbal juga mengapresiasi peran warga yang ikut andil dalam kerja bakti gerebek lumpur yang dilakukan di wilayah RW 07 ini.

"Atas peran semua pihak, terbukti selama beberapa kali terjadi curah hujan yang cukup tinggi tidak ada genangan atau banjir. Kerja bakti ini sangat efektif mengurangi potensi banjir.," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua RW 07 Kelurahan Tanah Tinggi Alfalah mengaku bahwa warga cukup antusias dalam melaksanakan kerja bakti ini.

"Kerja bakti ini diupayakan untuk kesadaran masyarakat khususnya RW 07 untuk tetap menjaga lingkungan yang bersih dan nyaman," katanya.

Alfalah menambahkan, kegiatan kerja bakti ini sangat membantu mengurangi genangan saat turun hujan.

"Dulu wilayah RW 07 rawan banjir namun dengan adanya pengerukan lumpur di Kali Sentiong dan gerebek lumpur yang rutin ini, genangan sudah tidak ada dan langsung surut ketika hujan" imbuhnya.

Untuk diketahui, sebanyak 120 petugas gabungan diturunkan dalam melaksanakan kerja bakti kali ini mulai dari petugas Bina Marga, Pertamanan, Sumber Daya Air, Lingkungan Hidup, PPSU, LMK, Karang Taruna, Dewan Kota dan juga bantuan warga RW 07 Kelurahan Tanah Tinggi.