Konsep Mural Betawi, Kelurahan Kebon Sirih Libatkan Karang Taruna

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Karang Taruna membuat mural bernuansa Betawi. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Ada hal yang menarik dalam penataan kawasan di wilayah Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Dengan melibatkan karang taruna untuk membuat mural berkonsep Betawi.

Anggota LMK RW 010 Rahman mengatakan, konsep awal dalam penataan ini adalah dengan melakukan pembersihan pohon termasuk tembok yang banyak coretan.

“Memang sebelumnya di sini terlihat agak kumuh, karena banyak pohon-pohon keluar dari pagar dan tembok tembok di sini banyak coretannya," ucap Rahman, Kamis (2/12). 

Setelah merapikan pohon pohon, Rahman menambahkan, tahap selanjutnya adalah pembuatan mural, di mana pembuatan mural ini dilakukan untuk menghilangkan adanya coretan di tembok sebelumnya.

“Dibantu oleh PPSU, anak-anak karang taruna di sini kita libatkan untuk membuat mural dengan konsep Betawi," terang rahman.

Sementara itu, salah satu Anggota Karang Taruna Putra yang juga terlibat dalam pengecatan mural mengaku sangat senang bisa dilibatkan untuk membuat wilayahnya jadi lebih rapih dan indah.

“Semoga abis dibuat mural ini, warga bisa menjaga tembok yang sudah indah, dan bisa menjaga kebersihan wilayahnya," harapnya.

Untuk diketahui, dalam pembuatan mural tersebut memakan waktu kurang lebih 2 minggu, dengan bantuan dana swadaya masyarakat ditambah juga bantuan dari beberapa CSR yang ikut berkolaborasi.