Konsolidasi Pengamanan Jelang Nataru, Pemkot Jakpus Laksanakan Rakor Forkopimko

Reporter: Iman | Editor: Andreas Pamakayo

Forkopimko melaksanakan rapat koordinasi terkait pengamanan jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Foto: Dwi Arif

Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) melaksanakan rapat koordinasi terkait pengamanan jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Rabu (21/12).

Hadir dalam kegiatan yang dipimpin langsung Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma ini, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin serta perwakilan dari Kodim Jakarta Pusat, Kejaksaan Negeri, BIN Jakpus, Kementerian Agama Jakpus serta para pejabat di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat. Sementara hadir dari unsur masyarakat yaitu Ketua MUI, Dewan Kota, FKDM, FPK, dan FKUB.

Dhany Sukma mengatakan, kegiatan ini merupakan konsolidasi para pihak yang berkepentingan terkait pengamanan jelang perayaan Natal 2022 dan pergantian tahun 2023.

“Jadi hari ini kita mau melakukan konsolidasi melibatkan Forkopimko Jakarta Pusat bersama dengan jajaran organisasi-organisasi kemasyarakatan baik MUI, DMI, FKDM, FKUB, FPK. Semua ini sebagai komponen-komponen yang memang bertujuan untuk menciptakan kesatuan bangsa dalam iklim yang kondusif apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru),” katanya.

Dhany menambahkan bahwa Muspida DKI Jakarta direncanakan akan mengadakan kunjungan pada tempat-tempat ibadah gereja menjelang malam natal yang semuanya berlokasi di Jakarta Pusat.

“Ada empat gereja yang (rencananya) akan dikunjungi yaitu GPIB Immanuel di Gambir. Katedral di Sawah Besar. Gereja Ignatius Loyola, dan Gereja Paulus di Menteng. Untuk para lurah dan camat agar mengantisipasi jalur-jalur tersebut untuk kelancarannya,” imbuhnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan bahwa Polri dan TNI siap melaksanakan kegiatan pengamanan di ibu kota khususnya Jakarta Pusat bersama unsur pemerintah daerah. 

“Kalau total keseluruhan sementara ini baru 1.050 personel yang disiapkan kita juga dapat penebalan dari Polda Metro Jaya untuk memastikan (pengamanan) pelaksanaan kegiatan di ibu kota yang cukup banyak khususnya Jakarta Pusat. Mulai dari aktivitas rutin masyarakat kemudian juga ada beberapa event (pertandingan sepak bola) berskala internasional berlangsung 23 dan 29, begitu juga aktivitas peribadatan,” tandasnya.