KPKP Kecamatan Menteng Beri Pelatihan Kepada Keluarga Difabel

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Satpel KPKP Kecamatan Menteng menggelar pelatihan Smoothies Pakcoy kepada Keluarga Difabel Berdaya. Foto: Malik Maulana

Satuan Pelaksana Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Menteng bersama Komunitas Terang Jakarta dan Pengurus Masjid Asy Syifa RSCM menggelar pelatihan Smoothies Pakcoy kepada Keluarga Difabel Berdaya, di Aula Masjid Asy Syifa RSCM, Jalan Diponegoro, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (25/1).

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) KPKP Kecamatan Menteng Andi Dala Jemma mengatakan, pelatihan Smoothies Pakcoy ini diberikan untuk para peserta agar bisa memiliki usaha sendiri.

"Ini suatu pemberdayaan untuk orang tua yang memiliki anak difabel bisa memiliki usaha sendiri dengan kemandirian," katanya.

Dalam pelatihan ini, lanjut Andi, selain diajarkan juga diberikan resep cara membuat smoothies pakcoy. Selain itu, para orang tua juga diberikan materi Jakpreneur untuk melakukan branding.

"Para difabel dan orang tuanya juga diajarkan menjadi Jakpreneur mulai dari pendampingan pendaftaran, pemasaran hingga permodalan," ungkapnya.

Sementara itu, Perwakilan Komunitas Terang Jakarta RSCM Chanrina mengatakan dengan adanya pelatihan ini para ibu-ibu mendapatkan pengetahuan, ilmu dan skill yang akan berguna  kedepannya untuk menunjang ekonomi keluarga.

"Seperti kita tahu kebutuhan para difabel ini tidak kecil dan beberapa tidak ter-cover oleh BPJS sehingga harus kita bantu," kata Chanrina.

"Kalau mereka memiliki keterampilan, istilahnya kita tidak hanya memberikan ikan tetapi juga memberikan kailnya yang kedepannya bisa sangat bermanfaat," imbuhnya.

Chanrina berharap ke depan kegiatan ini bisa terus diadakan karena tidak cukup hanya sekali. "Kalau memang ini bisa menjadi usaha mereka, kami sangat berharap sekali bisa terus berkolaborasi," harapnya.