Kuliner Bazis Matraman Bakal Segera Dibangun

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Koordinasi persiapan peletakan batu pertama pembangunan Kuliner Bazis Matraman. Foto: Joiss PKL

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) berkolaborasi bersama Baznas Bazis akan segera membangun kawasan Kuliner Bazis Matraman.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi mengatakan program revitalisasi lokasi sementara (loksem) menjadi Bazar kuliner Bazis ini dilakukan agar menjadi lebih rapi dan tertata.

Rencananya, lanjut Fahmi, peletakan batu pertama pembangunan akan dilakukan pada hari Selasa (19/7) mendatang oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma.

“Setelah peletakan batu pertama, esoknya kita langsung proses pembangunan. Saat ini sudah tahapan perencanaan, desain sudah, tinggal eksekusi pada hari Rabu (20/7) mendatang,” ungkapnya usai rapat peletakan batu pertama pembangunan Bazar Kuliner Bazis, Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (15/7).

Fahmi mengharapkan, dengan adanya revitalisasi ini kawasan ini dapat menjadi lokasi wisata kuliner. Karena nantinya dikawasan tersebut pengunjung tidak hanya datang untuk bersantap. Tapi juga bisa dijadikan tempat nongkrong, sebab di lokasi akan dibangun ruang makan khusus yang lokasinya menghadap sungai.

“Jadi orang kesana tidak hanya semata-mata untuk makan, tapi orang bisa merasakan suasana yang nyaman betul-betul seperti wisata,” jelasnya.

Fahmi menambahkan, proses pembangunan ini ditargetkan rampung 2 bulan ke depan. Sementara di lokasi akan ada 42 pedagang yang ditampung dengan dua mekanisme dua shift pagi dan malam. “Akan disediakan dua space untuk penyandang difabel berdagang,” tandasnya.