Laksanakan PSN, Kelurahan Kampung Rawa Zero Kasus DBD

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pengecekan jentik nyamuk di salah satu rumah warga. Foto: Malik Maulana

Camat Johar Baru Nurhelmi Savitri memonitoring pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RW 01 Kelurahan Kampung Rawa, Jakarta Pusat, Jumat (21/10).

Dalam kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB para Juru Pemantau Jentik (Jumantik) Kelurahan Kampung Rawa tampak antusias memeriksa setiap sudut dan barang-barang yang berpotensi menjadi tempat jentik nyamuk.

Nurhelmi mengatakan, dalam kegiatan PSN ini tidak ditemukan jentik nyamuk di wilayah ataupun di rumah-rumah warga.

"Alhamdulillah hasilnya kita zero jentik dan kebetulan juga untuk RW 01 Kelurahan Kampung Rawa ini zero kasus untuk DBD nya," katanya.

Dalam kesempatan ini, Nurhelmi pun memuji kinerja para kader jumantik yang memiliki komitmen dan tanggung jawab penuh rutin melaksanakan PSN.

"Kita melihat mereka mengawali kegiatan dengan yel-yel yang cukup kompak dan sudah kelihatan bahwa mereka mempunyai semangat dan antusias yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya untuk masyarakat, kita juga punya program satu rumah satu jumantik mandiri dan telah berjalan di wilayah Kelurahan Kampung Rawa ini," ucapnya.

Menurutnya, selain memeriksa jentik saat PSN, para kader Jumantik setiap hari ataupun saat beraktivitas selalu mengecek dan membuang air yang menggenang di barang yang bisa menimbulkan jentik jentik nyamuk.

"Kader Jumantik kita yang handal ini mereka juga tidak hanya melakukan kegiatan jumantik saja tetapi mereka juga mengimbau kepada tetangganya, karena memang jumantik itu kan warga setempat, kepada tetangganya, temannya, keluarganya untuk selalu mengingatkan untuk menjaga kebersihan," ujarnya.

"Mari bersama kita bersihkan lingkungan, apalagi saat ini musim penghujan harus menyadari bahwa kebersihan itu adalah penting. Menurut agama juga dianjurkan apalagi kita juga hidup di daerah yang cukup padat penduduk sehingga kepedulian masyarakat sangat kita harapkan," tutupnya.