Lingkungan Sekitar Kantor Wali Kota Jakpus Ditata

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Jajaran Kelurahan Petojo Selatan melakukan penataan wilayah di RW 08. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jajaran Kelurahan Petojo Selatan melakukan penataan wilayah di RW 08 area sekitar Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Selasa (20/12).

Dalam penataan ini sejumlah objek yang dianggap mengganggu keindahan dan fungsi dari saluran air mendapatkan penanganan dari petugas gabungan.

Kasipem Kelurahan Petojo Selatan Ikma menerangkan, penataan di area sekitar kantor wali kota menyasar para pedagang yang meletakkan barang barangnya di atas saluran air.

"Kita melakukan penataan mulai dari RT 4, 5, 6, 7, 8 sekitar area kantor wali kota, lampu merah Tanah Abang 1, sampai ke daerah nawilis," kata Ikma saat dikonfirmasi.

Dia menambahkan, benda dari pemilik usaha rumah makan seperti kayu, gerobak, kanopi, dan tabung gas. Kemudian kandang unggas, pom bensin mini yang semuanya berada di atas saluran air langsung mendapatkan penanganan dari petugas.

"Semua kita rapikan, jadi saluran yang tadinya tertutup oleh barang-barang pedagang, kita coba buka nih," katanya.

Setelah penutup saluran dibuka, lanjut Ikma, terbukti banyak benda berupa sampah, minyak, dan sisa-sisa dari hasil para pedagang berjualan di dalam saluran air. Oleh karena itu, pihaknya ingin mengembalikan fungsi dari saluran tersebut.

"Semuanya sudah kita lakukan sosialisasi seminggu sebelumnya melalui perangkat RT-RW dan melalui surat imbauan, sehingga para pedagang sudah bisa mempersiapkan diri," ungkap Ikma.

Menurutnya, kegiatan penataan di wilayah Petojo Selatan sendiri sudah dilakukan di delapan RW. Artinya penataan di RW 08 ini merupakan yang terakhir dilakukan di tahun 2022.

Namun, ia berharap, agar lokasi yang sudah ditata dapat dijaga oleh perangkat wilayah dan warga. "Di tahun depan akan dilanjutkan, tapi lebih ke arah pemeliharaan lokasi yang sudah ditata seperti penghijauan agar lebih indah," pungkas Ikma.