Lurah Cideng Bersama TP PKK Panen Sayur Kangkung Hidroponik di RPTRA Mustika

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Panen sayur kangkung di RPTRA Mustika Cideng, Gambir. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Di perkotaan seperti Jakarta ini bukan hal yang baru untuk dapat bercocok tanam di lahan terbatas. Seperti metode hidroponik, dengan bermodal lahan yang seadanya bisa menghasilkan sayuran yang bebas bahan kimia.

Hampir di setiap Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) telah dilengkapi seperangkat alat tanam hidroponik. RPTRA Mustika Cideng, Gambir salah satunya.

Pada Jumat (7/1) lalu, Lurah Cideng Agus Aripianto bersama Ketua TP PKK Cideng Estu Pratiwi, dan jajaran terkait melakukan panen kangkung dan juga penebaran benih ikan lele.

Menurut Agus Aripianto, panen ini biasa dilakukan setiap dua minggu sekali dan pada hari ini panen kangkung sebanyak 10 kg.

“Setelah panen biasanya langsung disemai kembali bibit lainnya seperti kangkung, pakcoy, dan juga bayam merah. Jadi hampir rutin setiap dua minggu sekali bisa dipanen,” ungkapnya.

Lanjut Agus, sayuran hasil hidroponik mulai banyak peminatnya, karena bebas dari bahan kimia jadi setelah dipanen sayuran tersebut ludes dibeli internal PKK maupun pengunjung RPTRA.

“Kita berharap panen ini dapat menambah kesejahteraan untuk para kader PKK, selain itu juga dapat menambah nilai gizi dari yang mengkonsumsinya dan kita sama-sama berharap hal ini dapat ditiru oleh warga lainnya bahwa di perkotaan pun dapat menghasilkan sayuran sehat,” ujarnya.