Lurah dan Jajaran RPTRA Mustika Cideng Panen 14 Kg Kangkung Hidroponik

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Panen kangkung di RPTRA Mustika. Foto: pusat.jakarta.go.id

Lurah Cideng Agus Aripianto memimpin kegiatan panen kangkung hidroponik di RPTRA Mustika, Jalan Petojo Selatan XI RT 007 RW 011, Cideng, Jakarta Pusat.

Sebanyak 14 kg kangkung yang berhasil dipanen ini kemudian dijual kepada warga sekitar yang memang sudah berlangganan mengkonsumsi sayuran hidroponik dari RPTRA Mustika Cideng.

“Kita melakukan panen kemari, Selasa (27/12). Yang dipanen sudah melalui proses penanaman sekitar 3 minggu yang lalu. Setelah panen ini kita akan tanam kembali bibitnya,” ucap Agus saat dikonfirmasi, Rabu (28/12).

Selain kangkung, lanjutnya, RPTRA Mustika juga menanam tanaman pakcoy dan juga samhong dengan masa panen yang berbeda-beda.

Menurutnya Agus, kegiatan menanam sayuran hidroponik ini sangat cocok diterapkan di wilayah perkotaan, seperti di DKI Jakarta dengan memanfaatkan lahan yang minimalis, namun dapat menghasilkan sesuatu yang berguna.

“Saya berharap warga lain dapat mencontoh sistem tanam hidroponik ini, sehingga dapat menjaga kestabilan pangan khususnya di Jakarta Pusat,” harapnya.

Hadir juga dalam panen sayur hidroponik tersebut, Ketua TP PKK Kelurahan Cideng Estu Pratiwi dan Kasatlak KPKP Kecamatan Gambir Unang.