Lurah Kartini Berharap Ada Rak Hidroponik di Setiap RW

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

TP PKK Kelurahan Kartini panen sayur pakcoy. Foto: Farandy Purba

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Kartini memanen sayuran hidroponik pakcoy, di kantor Kelurahan Kartini, Kamis (10/2) sore.

Lurah Kartini Ati Mediana mengungkapkan, hasil panen di Kelurahan Kartini sebanyak 6 kg sayuran pakcoy. Nantinya sayur tersebut akan dijual dan dikonsumsi sendiri.

"Hasil Panen ini akan ditawarkan ke warga atau dikonsumsi sendiri, uang hasil penjualan untuk pemberian nutrisi dan bibit kembali," ungkapnya.

Melihat hasil panen tersebut yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat, Ati berharap kepada Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat dapat kembali memberikan rak hidroponik di setiap RW yang ada di kelurahannya.

"Saya berharap Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat dapat memberikan tambahan rak hidroponik di sembilan RW agar seluruh masyarakat yang ada di lingkungan RW merasakan manfaatnya," harapnya.

Sementara itu, Pokja 3 TP PKK Kelurahan Kartini Nunung Setiasih menjelaskan, ini merupakan panen ketujuh sejak diberikan rak oleh KPKP. "Ini yang ketujuh sejak terima rak, Sudah macam-macam sayuran yang kita panen seperti bayam merah, caisim, kangkung, dan pakcoy," jelasnya.

Senada dengan Lurah Kartini, ia pun berharap tanaman hidroponik ini bisa ada di setiap RW. "Saya inginnya setiap RW ada rak hidroponik, sebab banyak permintaan dari wilayah, mudah-mudahan bisa terpenuhi," tutupnya.