Lurah Kebon Kelapa Pantau PTM di Sekolah Santa Maria

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Lurah Kebon Kelapa Nurbin Tumbur Togar melakukan pemantauan PTM di Sekolah Santa Maria, Jalan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (10/1). Foto: pusat.jakarta.go.id

Lurah Kebon Kelapa Nurbin Tumbur Togar melakukan pemantauan pembelajaran tatap muka (PTM) di Sekolah Santa Maria, Jalan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (10/1).

Dalam kesempatan ini, Nurbin memastikan protokol kesehatan (prokes) yang diterapkan di Sekolah Santa Maria, mulai dari KB, TK, SD, SMP, dan SMK berjalan dengan baik.

Menurutnya, hari ini merupakan hari pertama Sekolah Santa Maria melakukan PTM. Namun, juga masih melakukan pembelajaran secara online.

“Jadi pihak sekolah meminta izin pada wali murid apakah anaknya diizinkan sekolah tatap muka. Untuk itu, masih dilakukan pembelajaran online juga. Sekolah ini masih 80-90 persen melakukan PTM,” ungkapnya.

Terkait penerapan prokes di sekolah tersebut, Nurbin memaparkan, sejauh ini belum ada pelanggaran yang dilakukan di Sekolah Santa Maria.

Pihak sekolah, katanya, sudah melakukan langkah antisipatif mulai dari pengecekan suhu dan kartu vaksin, cuci tangan bagi siswa sebelum masuk ruangan, pengaturan jarak duduk, penutupan area bermain bagi siswa KB dan TK, serta penyiagaan petugas jaga di setiap toilet siswa.

“Pihak Sekolah Santa Maria juga sudah tidak menerapkan lagi jam makan bersama. Aktivitas hanya belajar mengajar kemudian pulang,” jelasnya.

Nurbin, menambahkan, untuk status vaksin siswa saat ini sudah dilakukan vaksinasi tahap pertama. Rabu pekan depan siswa akan melakukan vaksinasi tahap dua.

Untuk diketahui, di wilayah Kebon Kelapa hanya ada dua sekolah yang melakukan PTM yakni, SDN Kebon Kelapa 02 dan Sekolah Santa Maria. Kedua sekolah ini juga sudah dilakukan pemantauan bersama jajaran Kelurahan Kebon Kelapa.