Lurah Kebon Sirih Terjunkan 100 PPSU Bersihkan Trotoar Jalan Sabang

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas PPSU Kelurahan Kebon Sirih membersikan trotoar di Jalan Sabang. Foto: pusat.jakarta.go.id

Lurah Kebon Sirih Syamsul Ma’arif menerjunkan 100 anggota petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk membersihkan pedestrian atau trotoar di sepanjang Jalan Sabang (H Agus Salim), Kecamatan Menteng Jakarta Pusat.

"Pembersihan trotoar ini biar jalan di Jakarta menjadi bersih. Sebentar lagi kan Kota Jakarta mau ulang tahun ke-495. Yah kita bersihkan trotoarnya bersama anggota PPSU," kata Syamsul Ma’arif, Senin (23/5).

Syamsul menjelaskan, bersih-bersih trotoar dilakukan sejak Minggu (22/5) kemarin. Berkolaborasi dengan Satgas Gulkarmat, Satgas SDA, Satgas Lingkungan Hidup Kecamatan Menteng, pengurus RT-RW, LMK, dan FKDM.

Pembersihan trotoar, lanjutnya, dengan menggunakan deterjen, sikat kawat, sapu lidi, dan disemprot dengan alat penyemprot Gulkarmat.

Menurutnya, semua trotoar yang kotor akibat percikan minyak dari hasil masak para pedagang. "Kita bersihkan trotoar dari sisa minyak para pedagang kaki lima. Saya minta jangan buang sisa minyak gorengan ke saluran atau trotoar. Minyak bekas gorengan bisa ditampung pada kaleng ukuran besar, nanti ada petugas pengepul minyak jelantah yang akan mengambilnya," jelas Syamsul.

Dia juga mengimbau kepada para pedagang kaki lima (PKL) dan parkir supaya menjaga kebersihan lingkungan di sepanjang Jalan Sabang.