Lurah Senen Sambut Baik Pengawasan Pangan Rutin di Pasar Senen

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pengawasan pangan di Pasar Senen Blok III, Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Rabu (15/6). Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali melakukan monitoring pemeriksaan sampel bahan pangan dari produk peternakan, pertanian, dan perikanan, di Pasar Senen Blok III, Kelurahan Senen, Kecamatan Senen, Rabu (15/6).

Lurah Senen Henny Mahrojah menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya pengawasan pangan rutin di pasar ini sangat dibutuhkan agar menambah kepercayaan dan menjamin kesehatan masyarakat.

"Pengawasan pangan rutin di pasar rakyat (Pasar Senen) sangat penting karena untuk jaminan keamanan pangan dan kesehatan masyarakat terlebih pasar masih menjadi lokasi primadona belanja bagi sebagian besar warga," katanya saat dihubungi, Rabu (15/6).

Dalam pengujian sampel bahan pangan di Pasar Senen Blok III oleh Tim Sudin KPKP yang meliputi 25 sampel pertanian, 14 sampel Perikanan, dan 8 sampel peternakan, keseluruhannya dinyatakan aman.

Henny berharap para pedagang terus menjaga kualitas jualannya sehingga  aman dikonsumsi masyarakat. "Harapannya agar pedagang menjaga kualitas bahan pangannya dan harga tetap stabil," harapnya.

Perlu diketahui, untuk kandungan yang diuji pada produk pertanian yaitu residu pestisida, formalin, dan klorin. Sedangkan untuk produk peternakan dan perikanan kandungan yang diuji tingkat kebusukannya.