Lurah Serdang Pimpin Langsung PSN di Lingkungan RW 06

Reporter: H. Nday | Editor: Iman

pelaksanaan gerakan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan RW 06. Kelurahan Serdang, Foto: Vatra

Lurah Serdang, Riska Handayani memimpin secara langsung pelaksanaan gerakan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN) yang kali ini berlokasi di lingkungan RW 06. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengeu (DBD).

Riska Handayani menyatakan, ini merupakan kegiatan rutinitas kita, setiap minggunya kita melakukan PSN di lingkungan RW. Biasanya kita bersama kader jumantik melaksanakan kegiatan ini dari pintu ke pintu rumah warga.

“ Kita door to door dari rumah ke rumah, periksa jentik nyamuk, (untuk) memastikan tempat penampungan air, atau apapun bentuknya (agar) tidak ada jentiknya,“ jelas Riska didampingi Kepala Puskesmas Kelurahan Serdang, Angelina Putri  saat memantau PSN di RW 06, Jum’at ( 5/8).

Riska menuturkan, jika ditemukan jentik nyamuk harus terus dilaporkan ke Puskesmas Kelurahan untuk ditindaklanjuti agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan kalau ada indikasi warga yang terdampak DBD inipun harus cepat dilaporkan.
Saat ini Puskesmas Kelurahan sudah punya aplikasi untuk lapor cepat masyarakat, dan kita sudah sosialisasikan kepada seluruh RT, RW, dan kader jumantik untuk mempercepat proses penanganan.

“Jadi, tidak menunggu lama ataupun hasil (yang) keluar dari rumah sakit, ketika ada warga masyarakat yang dirawat itu (bisa) melaporkan langsung melalui link tersebut. Kemudian, puskesmas bisa menindaklanjuti dengan pemeriksaan secara intensif di lingkungannya untuk memberikan tindakan seperti fogging,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, sampai minggu ini kasus DBD di wilayah Kelurahan Serdang kasusnya nol alias nihil, ini berkat kerja keras kader jumantik dan kesadaran warga yang selalu menjaga lingkungan tetap bersih, “ tandasnya. (Day)