Maksimalkan Pompa Air Antisipasi Genangan di Puncak Musim Hujan

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau rumah pompa di wilayah. Foto: pusat.jakarta.go.id

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menegaskan, akan memaksimalkan pompa air dan pintu-pintu air yang ada untuk mengantisipasi genangan di puncak musim hujan.

Menurutnya, ada tiga unsur yang terjadinya genangan. Pertama akibat tingginya intensitas hujan dan durasi hujan. Tingginya permukaan air laut serta hujan dari bagian hulu Jakarta. Sehingga mengakibatkan pertemuan aliran air di wilayah Jakpus.

”Ketika pertemuan tiga unsur ini dalam satu wilayah pasti itu akan terdampak di kota Jakpus. Apalagi kemarin itu curah hujan cukup tinggi sementara saluran penampang, kapasitas sungai itu terbatas,” ungkapnya didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (19/1).

Dhany menjelaskan, yang bisa diupayakan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat untuk menangani genangan yang diakibatkan tiga persoalan tersebut yaitu dengan memaksimalkan pompa-pompa yang ada dan pintu-pintu air yang ada di wilayah Jakpus. Sambil menunggu ketinggian air di sungai menurun.

“Jadi kesiapan yang harus kita lakukan adalah memfungsikan seluruh pompa-pompa air, seluruh pintu air, dan juga melakukan upaya pemeliharaan supaya saluran tidak tersumbat, tali-tali air berfungsi dengan baik,” jelasnya.

Dhany juga memastikan, terjadinya genangan di Jakpus akan menjadi bahan evaluasi penanganan genangan di wilayah.

Menurutnya, pihaknya akan melakukan rapat internal terkait evaluasi dan penanganan genangan di Jakpus. “Kita akan lakukan evaluasi apa langkah yg sudah kita lakukan, mengapa itu terjadi, di titik mana saja kejadiannya, nanti kita akan evaluasi,” katanya.

“Tapi secara umum kita bisa meyakinkan genangan yang terjadi akibat air pasang, hujan lokal intensitas tinggi, dan hujan dari bagian hulu. Ini bukan berarti tidak dituntaskan tapi harus kita selesaikan,” tandasnya.