Mantan Pecandu Narkoba di Kampung Rawa Diberikan Pelatihan Sablon Kaos

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan menyablon kaos. Foto: pusat.jakarta.go.id

Sebanyak 15 remaja mantan pencandu narkoba di Kelurahan Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat, diberikan pelatihan menyablon kaos.

Lurah Kampung Rawa Ferry Zahrudin mengatakan, di wilayahnya saat ini ada pembentukan wadah yakni remaja mantan pencandu narkoba yang siap bekerja melalui peluang usaha e-order. Di mana para mantan pecandu narkoba yang sudah sadar dan ingin berubah, untuk meningkatkan taraf kehidupan dengan diberikan pelatihan berbagai kreativitas atau pemberdayaan yang ada di Kampung Rawa, salah satunya pelatihan sablon manual dan digital.

"Mereka telah melewati masa rehabilitas dan screening narkoba bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta," kata Ferry, Jumat (9/9).

Ferry menuturkan, kegiatan ini bertujuan agar mantan pencandu narkoba mempunyai kesempatan untuk dapat memiliki ketrampilan serta penghasilan. Hasil penyablonan tersebut nantinya akan dipasarkan melalui daring (online).

"Proyeksi kita kedepannya yaitu menjelang pesta demokrasi tahun 2024, mudah-mudahan banyak order-order sablon yang masuk ke remaja-remaja ini, sehingga bisa mengumpulkan pundi-pundi untuk kehidupan terutama untuk pribadi dan keluarganya," ungkapnya.

Dia juga berharap warga atau remaja-remaja mantan pecandu narkoba dapat memaksimalkan hidup dengan kepercayaan diri  yang penuh dan jangan merasa tersisih dari masyarakat.

"Kita hargai mereka, bagaimanapun mereka manusia juga yang perlu bermasyarakat dan mungkin mempunyai cita-cita kehidupan yang lebih baik kedepannya," imbuhnya.