Memperingati May Day, Pemkot Jakpus Salurkan Sembako Bagi Pekerja

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Pemberian sembako bagi para pekerja LKS Tripatrit. Foto: Syarafan PKL

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menyalurkan ratusan paket sembako dari BPJS Ketenagakerjaan kepada para pekerja yang tergabung dalam Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripatrit, di Ruang Pendidikan Wilayah 1, Lantai 5, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (26/4).

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi dalam kesempatan ini mengatakan, pemberian paket sembako ini dalam rangka memperingati May Day pada 1 Mei 2022 mendatang yang juga bertepatan dengan H-1 Idulfitri.

Ia mengharapkan dengan diberikannya paket sembako ini dapat bermanfaat bagi para pekerja. Selain itu, Irwandi juga mengimbau para pekerja yang belum mendapatkan THR bisa menghubungi Posko Sudin Nakertrans dan Energi.

“Terima kasih pada penyelengara BPJS Ketenagakerjaan atas sumbangsih memberikan paket sembako pada pekerja dalam rangka May Day. Saya juga mengimbau para pimpinan perusahaan untuk memberikan THR bagi para pekerja sesuai ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Terkait perayaan May Day yang biasanya dilakukan dengan melakukan aksi demonstrasi, Irwandi mengingatkan agar para pekerja merayakan peringatan May Day dengan aman dan lancar. Sehingga, May Day tidak menggangu stabilitas keamanan perekonomian Indonesia.

“Kita siap memantau perayaan May Day. Memberikan hak untuk pekerja merayakan May Day. Namun, kita harapkan serikat buruh bisa berkoordinasi dan mencari solusi bersama tidak selalu dengan aksi demonstrasi,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kasudin Nakertrans dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat Fidiyah Rochim menerangkan, ada 660 paket sembako yang disalurkan pihaknya melalui federasi serikat pekerja yang tergabung dalam LKS Tripatrit Jakarta Pusat.

"Nantinya paket sembako ini akan diteruskan para federasi kepada anggotanya," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Gambir Chairul Aryanto mengharapkan bantuan paket sembako ini bisa digunakan para pekerja dalam memenuhi kebutuhan menyambut Hari Raya Idulfitri maupun dalam rangka perayaan May Day.