Meriahkan HUT RI, Sudin Pusip Jakpus Gelar Wisata Literasi Sarat Nilai Kemerdekaan

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Sudin Pusip gelar wisata literasi di SD Negeri 07 Pagi Duri Pulo. Foto: pusat.jakarta.go.id

Memeriahkan dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali hadir dan menyapa dalam kegiatan wisata literasi ke sekolah dengan menyajikan dongeng dari nilai-nilai kemerdekaan.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi mengatakan, wisata literasi berkolaborasi dengan SD Negeri 07 Pagi Duri Pulo.

"Kita mendatangkan pendongeng profesional yang lekat dengan anak-anak yakni Heru dengan membawakan dongeng yang sarat dengan nilai-nilai kemerdekaan," kata Irwan saat dikonfirmasi, Kamis (18/8).

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong para peserta didik semakin mencintai membaca. Pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk dongeng dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik dengan cara menyenangkan, membangun imajinasi, kreativitas, berpikir kritis, dan keberanian.

"Kita harus terus semangat untuk menciptakan generasi yang unggul dan memiliki peran positif dalam membangun bangsa kedepannya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 07 Pagi Duri Pulo Sukidah mengapresiasi kegiatan wisata literasi yang digelar Sudin Pusip dengan memperkenal pendongeng profesional.

"Terima kasih kepada Sudin Pusip Jakarta Pusat, ini sangat baik untuk membantu anak didik kami menambah wawasan dalam bidang pendongeng. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini ada pendongeng yang tumbuh dari sekolah ini,"  tambahnya.