Meski Diguyur Hujan Warga Cempaka Putih Antusias Beli Pangan Murah Bersubsidi

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pangan murah bersubsidi di RPTRA Beringin. Foto: pusat.jakarta.go.id

Meski diguyur hujan sejak pagi tak mengendurkan semangat para ibu-ibu untuk mendapatkan pangan murah bersubsidi, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Beringin, Jalan Rawasari Barat IX, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (18/2).

Kepala Seksi Pemberdayaan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Kelurahan Cempaka Putih Timur Yatna Supriatna menjelaskan, kegiatan pangan murah bersubsidi ini sering digelar sebelum pandemi Covid-19.

Dengan peningkatan kasus Covid-19, pihak Kelurahan Cempaka Putih Timur membuat nomor antrean guna menghindari kerumunan serta menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

"Kegiatan pangan murah ini hanya berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama Kamis (17/2) dilakukan pembayaran dengan menggunakan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan hari ini, Jumat (18/2) untuk pengambilan pangan yang sesuai dengan pembelian kemarin," jelasnya.

"Alhamdulilah kemarin sangat ramai, sebanyak 92 orang yang menebus pangan murah bersubsidi ini. Untuk hari ini proses pengambilan pangan dari pukul 08.00 hingga 13.00 WIB. Warga yang datang ke RPTRA tetap kita lakukan pengawasan yang ketat untuk prokes-nya," katanya.

Yatna berharap dengan program pangan murah bersubsidi ini dapat terus disambut baik warga karena harga yang sangat terjangkau dibandingkan harga di pasar. Sekaligus program ini dapat meningkatkan gizi anak-anak dan warga Jakarta di golongan tertentu.

"Untuk mempercepat pengambilan pangannya, kami mengerahkan enam orang pengurus RPTRA. Bagi lansia yang ingin mengambil tetap kita bantu dengan PPSU yang sudah standby di RPTRA, untuk pengangkutan pangannya," ucapnya.

Sementara itu, Sunati, salah satu warga yang turut membeli membeli pangan murah bersubsidi di RPTRA ini mengaku senang karena bisa meringankan kebutuhannya sehari-hari dan tak perlu harus jauh-jauh ke Pasar Jaya.

"Saya menembus pangan seperti beras, ikan, daging, ayam, dan telur. Alhamdulillah meringankan kebutuhan pangan sehari-hari, harganya juga sangat murah. Saya berharap untuk pangan murah yang diadakan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat tetap terus berlangsung, sehingga kami warga kecil bisa terus menikmati pangan yang bergizi," tuturnya.