Mudik Lebaran, Camat Sawah Besar: Titip Rumahnya ke Tetangga Terdekat

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Camat Sawah Besar meninjau pelaksanaan vaksinasi Booster. Foto: pusat Jakarta.go.id

Lebaran pada tahun 2022, pemerintah mengizinkan warga masyarakat mudik namun, harus tetap disiplin terhadap protokol kesehatan (prokes) dan sudah vaksin Booster atau vaksin lanjutan.

"Tahun ini pemerintah memperbolehkan warga masyarakat mudik untuk merayakan lebaran di kampung halaman namun, kami minta warga mentaati ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah seperti, vaksin ketiga atau Booster serta tetap mentaati prokes," kata Camat Sawah Besar Prasetyo saat dikonfirmasi, Kamis (7/4).

Selain itu, Camat Sawah Besar juga  mengimbau warganya yang ingin mudik lebaran untuk menitipkan rumahnya ke tetangga terdekat dan dapat dipercayai. Mengingat, kejahatan pencurian rumah kosong marak terjadi saat libur bersama lebaran.

"Kami minta semua warga harus teliti dan cermat dalam meninggalkan rumahnya, lapor ke RT dan RW agar mereka tahu. Kalau ada tetangga yang dapat dipercaya, lebih baik titipkan," ujarnya.

Prasetyo kembali mengingatkan, sebelum berangkat pulang kampung, agar memperhatikan kondisi rumah masing-masing, pastikan alat-alat elektronik seperti kipas angin, AC, televisi, kompor gas agar dimatikan atau dicabut saklarnya. Hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti, kebakaran.

"Kami juga mengimbau kepada warga masyarakat yang belum vaksin Booster untuk segera vaksin dengan mendatangi sentral vaksin yang terdekat seperti, di Puskesmas, Gelanggang Olah Raga (GOR), halaman kantor kelurahan, mal atau lokasi lainnya dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah penyebaran Covid-19," imbaunya.