MUI Gelar Rakerda dan Muzakarah se-Jakarta Pusat

Reporter: Iman | Editor: Andreas Pamakayo

Rakerda dan Muzakarah yang berlangsung di Sekretariat MUI, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (28/10). Foto: Angga Rizkyanda

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) dan Muzakarah yang berlangsung di Sekretariat MUI, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (28/10).

Kegiatan ini dihadiri, Wakil Ketua MPR RI, M. Hidayat Nurwahid, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Setko Jakarta Pusat, Muhammad Fahmi, Kasuban Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Pusat Rachmat Hidayat, Sekretaris MUI DKI Jakarta, Ustad Yusuf Aman, serta perwakilan ormas-ormas Islam se-Jakarta Pusat seperti NU, Muhammadiyah, dan lain-lain.

Pada kesempatan ini, Ketua MUI Jakarta Pusat KH Robi Fadil Muhammad mengatakan, acara ini adalah kegiatan rutin yang sudah terjadwal oleh pihaknya. Muzakarah adalah kegiatan bulanan MUI sedangkan rakerda adalah kegiatan yang bersifat tahunan.

“Kegiatan Muzakarah adalah kegiatan rutin MUI yang membahas permasalahan-permasalahan agama dan sosial yang aktual. Kalau raker adalah kegiatan tahunan yang selalu kita lakukan untuk merancang kegiatan-kegiatan MUI ke depan,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, acara kali ini dibarengi dengan materi wawasan kebangsaan dan sosialisasi empat pilar bagi ulama di MUI Jakpus dengan menghadirkan langsung narasumber Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid.

Dikonfirmasi lebih lanjut terkait kerja sama antara MUI dengan Pemkot Jakpus Kiai Robi Fadil mengatakan, sangat berterima kasih kepada pihak Pemkot atas bantuan yang telah diberikan untuk kelancaran syiar Islam oleh MUI Jakpus.

“Saya bersyukur sejauh ini kerja sama antara MUI Jakarta Pusat dengan pihak Pemkot Jakpus sangat luar biasa baik. Pemkot memberikan fasilitas yang luar biasa (misalnya) kita diberikan kantor sekretariat yang besar sehingga kita bisa mengadakan muzakarah-muzakarah tiap bulannya di sini,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Jakarta Pusat mengatakan Pemkot Jakpus berharap ke depannya bisa bekerja sama lebih baik dengan pihak MUI Jakpus dengan memberikan fasilitas bantuan lainnya.

“Ke depannya kita berharap kegiatan ini menjadi lebih baik lagi,” tandas Fahmi.