Musrenbang Kelurahan Karet Tengsin, Wali Kota: Jangan Ada Miskomunikasi

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka pelaksanaan Musrenbang Kelurahan Karet Tengsin. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Aula Kantor Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kamis (27/1).

Sama dengan Kelurahan lainnya, Musrenbang di Kelurahan Karet Tengsin ini juga berlangsung secara campuran (hybrid) baik langsung, luar jaringan (luring), dalam jaringan (daring) atau online.

Dalam Musrenbang di Kelurahan Karet Tengsin ini, Dhany Sukma meminta agar terus dikawal dan dikomunikasikan dengan masyarakat agar tidak terjadi miskomunikasi.

"Saya ingatkan kembali agar tidak ada miskomunikasi yang seakan-akan usulan itu tidak terealisasikan padahal ada mekanismenya seperti verifikasi maupun peninjauan lapangan," katanya.

"Saat ada verifikasi perlu ada feedback, kasih tahu juga masyarakat bila usulannya tidak bisa diteruskan, kenapa tidak bisa, beri penjelasan," imbuhnya.

Dhany menjelaskan, ketika ada verifikasi dan peninjauan lapangan artinya usulan masyarakat telah disampaikan tinggal verifikasi dengan warga masyarakat.

"Usulan-usulan ini ada yang tidak bisa di tindak lanjut (TL), Ada juga permasalahan yang belum bisa tuntas karena alasan teknis atau ada juga yang diteruskan di tingkat kecamatan, nanti akan dibawa lagi ketingkat yang lebih tinggi, kuncinya adalah komunikasi," jelasnya.

Sementara itu, Lurah Karet Tengsin Hari menjelaskan, pada Musrenbang Kelurahan Karet Tengsin terdapat 58 usulan.

“Musrenbang Tingkat Kelurahan Karet Tengsin diawali dengan kegiatan rembuk di delapan RW terlebih dahulu. Pada Musrenbang Kelurahan Karet Tengsin ada 20 usulan barang, tiga usulan non fisik, dan 35 usulan fisik," jelasnya.

Musrenbang Kelurahan Karet Tengsin juga dihadiri Anggota Komisi A DPRD Israyani. Turut mendampingi Wali Kota Jakarta Pusat, Inspektur Pembantu Kota Taufik, Kepala Suku Perencanaan Pembangunan Kota (Kasubanppeko) Administrasi Jakarta Pusat Agus Sanyoto, dan Camat Tanah Abang Dicky Suherlan.