Normalisasi Kali Ciliwung Jadi Prioritas Usulan Tahun 2023 Kecamatan Senen

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Musrenbang Kecamatan Senen. Foto: Berlian Sigit

Rehab total pembangunan kantor Kelurahan Bungur dan pembangunan Puskesmas Kelurahan Senen menjadi prioritas dalam usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Senen tahun 2022.

"Selain pembangunan puskesmas dan rehab kantor, masih ada lagi yang menjadi prioritas usulan warga masyarakat yakni, pemasangan pagar taman HKSN sepanjang 420 meter dan normalisasi Kali Ciliwung yang membentang di tiga kelurahan yaitu, Senen, Kwitang dan Kenari," jelas Camat Senen Ronny Jarpiko saat memberikan laporan Musrenbang Tingkat Kecamatan Senen, di ruang pola kantor kecamatan setempat, Selasa (8/2).

"Jadi ada empat program usulan tambahan yang menjadi prioritas kami untuk anggaran tahun 2023," tambahnya. 

Ronny menuturkan, jumlah usulan Musrenbang Tingkat Kecamatan Senen tahun 2022 sebanyak 679 usulan dengan total perkiraan anggaran Rp 122.384.696.880, terdiri dari fisik 321 usulan, non fisik 37 usulan dan barang 321 usulan.

"Hasil pelaksanaan Musrenbang kecamatan berdasarkan status usulan tahun 2022 sebanyak 501 usulan diakomodir di tahun  2023, dan 57 usulan diakomodir dikerjakan tahun 2022 tanpa menunggu anggaran tahun 2023. Serta 121 usulan ditolak karena duplikasi sebanyak 100 kegiatan, sudah dilaksanakan tahun 2021 sebanyak satu kegiatan, salah usulan 13 kegiatan, dan bukan lahan Pemda tujuh kegiatan," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menambahkan bahwa memang ada beberapa kantor pemerintah di wilayah Jakarta Pusat yang perlu direhab, salah satunya di kantor Kelurahan Bungur.

Namun, menurutnya, dalam mengajukan anggaran untuk pembangunan maupun rehab perhitungannya harus benar-benar matang. Mulai dari desain, konsultasi dan lain sebagainya.

"Tolong perhitungkan yang matang, hitung yang benar berapa biayanya, jangan sampai biayanya kekecilan, sehingga tidak ada orang yang mau ambil untuk ikut lelang," tegasnya.

"Untuk lelang jauh-jauh hari pada bulan Desember sudah masuk, jangan sampai ada yang gagal. Lelang supaya diatur dengan baik. Pemenang lelang supaya dipantau agar pekerjaan beres dan baik, sesuai yang kita harapkan," imbuhnya.