Pasukan Biru Kuras dan Normalisasi Saluran Air di Jalan Kesehatan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Satpel SDA Kecamatan Gambir lakukan pengurasan dan normalisasi saluran. Foto: pusat.jakarta.go.id

Guna memfungsikan aliran air mengalir dengan lancar di saat musim hujan, pasukan biru dari Satuan Pelaksana (Satpel) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Gambir menguras dan menormalisasi saluran air di sepanjang Jalan Kesehatan RW 03, Kelurahan Petojo Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (24/8).

Kasatpel SDA Kecamatan Gambir Muhammad Imawan mengatakan, dalam pengurasan saluran air sepanjang 250 meter ini melibatkan sembilan personel pasukan biru.

"Ini merupakan tidak lanjut dari  permohonan Lurah Petojo Selatan yang meminta dilakukan pengurasan saluran di Jalan Kesehatan RW 03.  Pengerjaannya sendiri sudah berjalan sejak Kamis (18/8) minggu lalu." katanya.

Imawan menjelaskan, dimensi saluran yang dikuras berukuran lebar dan tinggi yakni 60x100 cm, Sementara tinggi sedimen lumpur yang dikuras setebal 40 cm.

"Pengurasan saluran sepanjang 250 meter di Jalan Kesehatan III ini ditargetkan rampung selama 20 hari sejak dimulai pengerjaan," jelasnya.

Imawan menambahkan, di sepanjang Jalan Kesehatan III  sebelumnya juga telah dirampungkan normalisasi saluran sepanjang 13 meter dengan mengerahkan sebanyak 20 personel.

Imawan mengaku optimis, pengurasan dan normalisasi saluran di sepanjang Jalan Kesehatan RW 03 Petojo Selatan mampu mengatasi genangan yang kerap terjadi saat turun hujan.

"Daya tampung saluran di Jalan Kesehatan lebih besar setelah dikuras dan dinormalisasi sehingga mampu menampung air hujan lebih banyak," tutupnya.