Pasukan Pelangi Kecamatan Tanah Abang Pastikan Tali-tali Air di Jalan Sudirman Lancar

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pembersihan tali air dengan penyemprotan. Foto: Maulana

Pasukan Pelangi Kecamatan Tanah Abang melakukan bersih-bersih tali air di sepanjang Jalan Sudirman mulai dari depan Bank BRI II hingga ke Jalan Teluk Betung, Jakarta Pusat, Jumat (11/11).

Camat Tanah Abang Dicky Suherlan mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pelayanan kepada masyarakat yaitu, pengendalian banjir di mana salah satu sarana kota yang ada yaitu tali-tali air yang merupakan akses air dari jalanan menuju saluran.

"Ini sering terkendala karena adanya tanah atau sampah, sehingga bila tidak ditanggulangi akan menghambat aliran air dari jalan menuju saluran yang melalui tali air. Untuk itu, kami melakukan pembersihan terhadap tali air," katanya.

Dicky menjelaskan, dalam pembersihan ini pihaknya menerjunkan pasukan warna-warni yang ada di lingkungan Kecamatan Tanah Abang mulai dari PPSU, Lingkungan Hidup, SDA, Bina Marga, Pertamanan, Damkar, Satpol PP, dan Dishub.

"Kita juga didukung kendaraan yaitu, jaking air atau mobil yang bisa menembakkan air dari mobil Damkar dan LH. Damkar mobil unitnya biasa dengan alat semprotnya, dan LH pakai swiper," ucapnya.

"Kita menggunakan metode dengan membersihan tanah yang menyumbat saluran lalu disemprot menggunakan alat dari mobil Damkar atau dari LH untuk memastikan saluran bersih dan air mengalir lancar," imbuhnya.

Menurut Dicky, pekerjaan dan pengecekan ini sebenernya rutin dilakukan setiap hari dan saat hujan agar tidak ada tanah atau sampah yang menyumbat tali-tali air tersebut.

"Pagi ini sepanjang Jalan Sudirman, nanti kita cek sepanjang Jalan Gatot Subroto juga. Kita harapkan kepada masyarakat pun memahami bahwa ini adalah tugas dan tanggung jawab kita semua. Harapan kita masyarakat mempunyai perilaku yang baik dalam mengelola sampah," tutupnya.