Pekan Memorial Syekh Nawawi Al-Bantani Hadirkan Pameran Turots Nusantara

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pekan Memorial Syekh Nawawi Al-Bantani, di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Selasa (8/2). Foto: Mali Maulana

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menghadiri Pekan Memorial Syekh Nawawi Al-Bantani bertajuk ‘Kebangkitan Turots Nusantara dari Indonesia untuk Nusantara’, di Golden Ballroom Hotel Sultan, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (8/2).

Anies mengatakan, pameran tersebut merupakan sesuatu yang bersejarah pasalnya selama ini pameran Tutots Ulama berlangsung di pondok pesantren.

"Hari ini dilakukan di tempat yang amat megah dan Insya Allah akan menjadi awalan baru di Kota Besar Jakarta," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Anies menyambut baik dan mendukung penuh penamaan Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani yang menggantikan nama Jalan Cakung Cilincing Raya.

"Beberapa waktu lalu mendapat kabar penamaan jalan ini dari Kiai Zulfa Mustofa. Insya Allah DKI akan mendukung. Makannya kalau soal penamaan Insya Allah langsung di kawasan yang namanya kebantenan maka di situ dinamakan Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani sebagai penanda," katanya.

Anies pun berharap kegiatan ini berlangsung secara terus menerus dan Pemprov DKI Jakarta siap memberikan fasilitas.

"Ini adalah pembuka jalan untuk nanti kami di Jakarta siap untuk terus menerus, kalau perlu kita carikan fasilitasnya agar bisa menunjukan manuskrip-manuskrip lama yang telah dibuat ulama di masanya sehingga menjadi bagian dokumentasi," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin yang memberikan sambutan melalui konferensi video berpesan kepada generasi muda muslim agar dapat mengikuti semangat warisan Syekh Nawawi Al-Bantani yang menguasai khazanah keilmuan dunia Islam.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga meresmikan Pameran Turots Ulama Indonesia serta Peluncuran Kompilasi 11 Kitab Ulama Nusantara.

“Akhir kata, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Pameran Turots Ulama Indonesia serta Peluncuran Kompilasi 11 Kitab Ulama Nusantara, saya nyatakan diresmikan,” katanya.

Acara dilanjutkan dengan penekanan tombol yang menjadi tanda Peresmian Nama Jalan Syaikh Nawawi Banten Di Cilincing, Jakarta Utara yang semula bernama Jalan Cakung Cilincing Raya

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan sekaligus Wakil Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Agung Firman Sampurna, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, Wakil Ketua Umum PBNU Zulfa Mustofa,  Duta Besar Negara Sahabat, serta Perwakilan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).