Pelatihan Industri Sudin PPKUKM Targetkan 1.600 Peserta

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Kasudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Pusat Melinda Sagala. Foto: pusat.jakarta.go.id

Sudin Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Pusat pada tahun ini menargetkan 1.600 peserta Jakpreneur mengikuti pelatihan industri.

Kasudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Pusat Melinda Sagala mengatakan, pihaknya menargetkan pelatihan industri baru bagi Jakpreneur sebanyak 1600 peserta. Nantinya, selain mendapatkan pelatihan para peserta juga akan difasilitasi dengan perlengkapan memulai usaha.

Menurutnya, pelatihan industri ini akan dibagi dalam tiga kategori seperti, kuliner, fashion, dan craft. “Jadi nanti peserta mendapatkan alat vakum, sealer, blender, mixer untuk kategori kuliner, untuk fashion, dan craft mendapatkan satu unit mesin jahit,” ungkapnya.

Lebih lanjut Melinda menjelaskan, nantinya dari target 1.600 peserta Jakpreneur ini akan dibagi per- kecamatan. Untuk pelatihan craft masing-masing kecamatan mendapat 40 peserta, pelatihan fashion 40 peserta per-kecamatan, dan pelatihan kuliner 120 peserta per-kecamatan.

“Rencananya pelatihan ini akan dilakukan di bulan Juni dan Juli 2022 mendatang,” ungkapnya.

Selain membuat pelatihan industri, pihaknya juga akan melakukan pelatihan soft skill terhadap 6.400 peserta Jakpreneur.

Serta pemberian sertifikasi halal, merek, desain kemasan, masing-masing 1.000 kuota. Dan Pendaftaran izin Makanan Dalam (MD) untuk 100 kuota.

“Pendaftaran sertifikasi halal, merek, kemasan, dan izin MD ini akan dimulai Februari hingga Juni,” tandasnya.