Pelatihan Olahan Makanan Ringan Tingkat Kecamatan Gambir Digelar di RPTRA Kejora

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan olahan makanan ringan bagi Jakpreneur Tingkat Kecamatan Gambir di RPTRA Kejora. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Camat Gambir Andri Ferdian memonitor pelaksanaan pelatihan olahan makanan ringan bagi Jakpreneur Tingkat Kecamatan Gambir yang diinisiasi Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM), di RPTRA Kejora, Jalan Pembangunan II No.12 Bb, RT 09/RW 02, Kelurahan Petojo Utara, Jakarta Pusat, Selasa (20/9).

Dalam kesempatan ini, Andri mengatakan, pelatihan yang diadakan Sudin PPKUKM dan Satpel PPKUKM Kecamatan Gambir ini merupakan kegiatan yang dapat memberikan peluang pada ibu-ibu untuk mengisi waktu luang, sekaligus menambah pendapatan keluarga. Hal ini juga tentunya dapat menumbuhkan ekonomi kerakyatan.

"Kita selaku pemerintah tentunya harus memfasilitasi tidak hanya mendidik namun juga menyediakan tempat dan membina UKM yang baru berkecimpung kedalam Jakpreneur," ungkapnya.

Andri juga menilai, dengan adanya pelatihan pembuatan kue kering dan bir pletok yang dilakukan hari ini berbeda dengan bir pletok kebanyakan. Di mana bir pletok yang dilatih kepada Jakpreneur lebih bervariasi dengan adanya sirup jahe dan bubuk.

"Sekarang ada bubuknya bir pletok ini, jadi bisa menakar sesuai dengan kesukaan ataupun selera konsumen, " ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kasatpel PPKUKM Kecamatan Gambir Fairuz menerangkan, pelatihan ini akan diadakan selama empat hari ke depan. Pada hari pertama pelatihan dilakukan dengan teori, hari kedua dan ketiga yaitu praktek untuk memasak, seperti membuat kue atau cake. Kegiatan ini diikuti 40 peserta.

"Ya harapannya warga DKI khususnya Kecamatan Gambir itu bisa menciptakan makanan-makanan yang berinovasi, dan bisa menciptakan industri-industri kecil, sehingga nanti bisa berkembang menjadi industri menengah bahkan menjadi industri besar," tandasnya.