Pembinaan dan Evaluasi Pengelolaan Sampah di Kemayoran Diikuti 25 Peserta

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Pembinaan dan evaluasi pengelolaan sampah implementasi Pergub 77 Tahun 2022 di Kantor Kecamatan Kemayoran. Foto: Angga Rizkyanda

Pembinaan dan evaluasi pengelolaan sampah implementasi Pergub 77 Tahun 2022 kembali digelar. Kali ini berlangsung di Ruang Pola, Kantor Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (8/9).

Pembinaan ini dikuti keseluruhan 25 peserta dari Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) pendamping RW, 50 persen RW percontohan dari Kelurahan Kebon Kosong, Gunung Sahari Selatan, dan Serdang.

Camat Kemayoran Asep Mulyaman yang membuka pembinaan ini mengatakan bahwa ini merupakan Kegiatan Strategi Daerah (KSD) Gubernur DKI Jakarta dalam program pengurangan sampah dari sumbernya.

"Pengurangan sampah dari sumbernya sangat penting kita terapkan supaya sampah yang dibuang ke Bantargebang berkurang. Selain pengurangan sampah warga dianjurkan agar melakukan daur ulang, karena mempunyai nilai ekonomis untuk penambah penghasilan keluarga," ujarnya, didampingi Koordinator Lingkungan Hidup dan Ruang Terbuka Hijau Bagian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Pusat Budi Kristina dan staf Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat Wasis Gunawan dan Binsar.

Asep juga meminta kepada BPS RW dan Pendamping RW harus selalu mensosialisasikan ke masyarakat terkait pentingnya pengelolaan sampah dari sumbernya.

"Memang merubah mindset seseorang tidak segampang membalik telapak tangan, kita harus sabar dan jangan pernah bosan mengingatkan kepada warganya,” tandasnya.