Pemenang Penataan Kawasan Unggulan Akan Diumumkan Pada Hari Ibu

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Plt Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin. Foto: Berlian Sigit

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan penilaian penataan kawasan unggulan yang dilakukan di setiap kelurahan se-Jakarta Pusat.

Pelaksana tugas (Plt) Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan, penilaian ini dalam rangka menyambut Hari Ibu yang diperingati pada 22 Desember 2022 mendatang.

"Penataan kawasan ini kita nilai oleh tim penilai dari tingkat kota dan nantinya saat peringatan Hari Ibu akan diumumkan pemenang penataan kawasan unggulan," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (16/12).  

Iqbal menerangkan, dalam penataan kawasan ini ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi seperti, terjadi peningkatan kualitas lingkungan, adanya peran serta masyarakat dalam penataan kawasan.

"Peran serta masyarakat dalam penataan kawasan itu juga harus ada kesesuaian antara perencanaan atau konsep dengan aktivitas masyarakat, sehingga masyarakat juga ikut terlibat dalam seluruh proses perencanaan secara nyata di dalam merealisasikan konsep perencanaan tersebut," terangnya.

Selain itu, lanjutnya, ada ketepatan waktu dalam penyelesaian perencanaan yang dibuat untuk tahap pertama ini yaitu 3 bulan. Peran serta atau koordinasi antar UKPD yang ada di Jakarta Pusat. 

"Penataan kawasan ini setidaknya bisa menyelesaikan permasalahan yang dirasakan warga masyarakat selama ini seperti parkir liar, PKL, permasalahan sampah atau pemanfaatan fungsi sarana prasarana lainnya itu terselesaikan dengan adanya penataan kawasan yang kita lakukan. Tidak hanya terselesaikan tetapi juga mengembalikan seluruh fungsi-fungsi sarana prasarana yang ada," paparnya.

Iqbal pun meminta dalam penataan kawasan ini dapat memunculkan karakteristik lokasi atau ikon baru dari lokasi tersebut.

"Contohnya seperti Harapan Mulya dengan adanya penataan kawasan satu area lokasi Gang Gobang jalan yang ada di tengah-tengah lingkungan. Inilah ikon baru bagi masyarakat dari salah satu titik lokasi yang ada di Harapan Mulya," pintanya.