Pemkot Jakpus Akan Buat Sentra Jakpreneur

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Koordinasi Rencana Pembuatan Sentra Jakpreneur Jakarta Pusat, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (23/5). Foto: Vhatra

Jakpreneur jadi salah satu strategi Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Untuk memfasilitasinya Pemkot berencana membuat Sentra Jakpreneur di tiap wilayah.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, pembuatan Sentra Jakpreneur ini merupakan bentuk pengembangan Jakpreneur yang dilakukan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat.

"Walaupun orang sudah memesan melalui online tetapi kita juga perlu ada sentra atau show of window karena di Jakarta Pusat belum ada," ucapnya saat ditemui usai rapat koordinasi (Rakor) Rencana Pembuatan Sentra Jakpreneur Jakarta Pusat, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (23/5).

Rencananya, lanjut Bakwan Ferizan Ginting, Pembuatan Sentra Jakpreneur Jakarta Pusat akan dibangun dilahan Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang ada.

"Di beberapa lokasi ada kemungkinan, tetapi kita masih cek, nanti setelah clear maka kita buatkan Sentra Jakpreneur,  memang lokasi terbatas tetapi lahan tersebut tidak dimanfaatkan," ucapnya.

"Dari pada lahan tidak dimanfaatkan, lebih baik kita optimalkan untuk mengembangkan perekonomian para Jakpreneur kita," imbuhnya.

Bakwan Ferizan Ginting menjelaskan, Sentra Jakpreneur tersebut bukan berbentuk bangunan gedung yang permanen namun, stan outdoor yang menampilkan Jakpreneur Jakarta Pusat.

"Nantinya bisa beli di sana ataupun beli online, siapapun bisa pesan dan diantar, bisa juga dijadikan co-working Space," ujarnya.

Menurutnya, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat akan terus mengembangkan Jakpreneur sebagai roda utama penggerak perekonomian rakyat terlebih telah memasuki era baru pasca-pandemi Covid-19.

"Akan terus kita kembangkan ini untuk meningkatkan perekonomian keluarga masyarakat khusus di Jakarta Pusat, agar semakin memperkuat perekonomian kita," tutupnya.