Pemkot Jakpus Akan Revitalisasi Pedagang Kuliner di Jalan Matraman Dalam

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Koordinasi pedagang kuliner di Matraman Dalam. Foto: Harisa Ninda PKL

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat bekerja sama dengan Baznas Bazis akan merevitalisasi tempat usaha kuliner seluas 500 meter, di Jalan Matraman Dalam tepatnya dekat Masjid Matraman, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Danny Sukma mengatakan, ini merupakan program yang sudah lama terkait penataan tempat usaha kuliner Matraman yang melibatkan Baznas Bazis DKI Jakarta untuk melakukan intervensi.

"Alhamdulillah, desain sudah ada hari ini kita lakukan sinkronisasi dari berbagai unsur baik itu dari Sudin Marga, Sumber Daya Air, Pertamanan dan Hutan Kota, Gulkarmat serta lainnya," terang Danny didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, dan Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Subarna.

Setelah ini, lanjut Dhany, nantinya akan  melakukan peninjauan ke lapangan dan dengan konsep yang akan dibangun. "Insya Allah pembangunan wisata kuliner Matraman tanggal 19 Juli 2022 akan dilakukan peletakan batu pertama," katanya.

"Saya berharap usaha kuliner bisa berkembang, nilai budaya Masjid Matraman bisa keangkat dan semangat untuk berzakat, berinfaq, dan bersadaqah bisa ditunaikan, karena pembangunan berangkat dari dana Baznas Bazis DKI Jakarta," tambahnya.

Sementara itu, Arsitek Konsultan Baznas Bazis DKI Jakarta Masyuri Kurniawan menjelaskan, konsep penataan kawasan kuliner Matraman merupakan elevasi dari pedagang kaki lima yang sekarang ada.

"Kemudian pedagang dibenahi dengan pola yang sama-sama terbuka seperti PKL sebelumnya tetapi mereka dibuat lebih tertata, apik, indah, bersih, resik, dan nyaman," ujarnya.

Dia mengungkapkan, fasilitas yang ada di wisata kuliner adalah kios-kios untuk pedagang, ada ruang komunal, ruang makan bersama yang membuat penikmat kuliner bisa bertemu, taman serta fasilitas lainnya.

Untuk diketahui, tempat usaha kuliner Matraman nanti diganti menjadi Bazar Kuliner Bazis Matraman.