Pemkot Jakpus Akan Tata Kawasan Istiqlal

Reporter: Maulana Yusuf | Editor: Shendy Adam

Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin pimpin rapat

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat akan melakukan penataan wilayah terkait dengan keberadaan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan Pedagang Kaki Lima (PKL) liar yang ada di Jakarta Pusat. Sekertaris Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan untuk fokus kita kali ini ialah kawasan Masjid Istiqlal dan sekitarnya.

 

"Ini tentu berkaitan dalam Mendukung Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20), kita ingin wajah Jakarta ini seperti apa adanya, nyaman, aman dan tertib digunakan oleh pengguna fasilitas umum termasuk trotoar. Maka dari itu rapat siang hari ini kita memastikan bahwa PPKS dan manusia gerobak yang tersinyalir ada di sudut kota ini kita tertibkan dalam arti kita bina bagaimana mereka mendapat informasi pengembangan wawasan dari Dinas Sosial," katanya, Jumat(4/11).

 

Nantinya, lanjut Iqbal para manusia gerobak dan PPKS yang terjaring selain mendapat pembinaan, akan dilakukan pemulangan ke daerah asal. "Terinformasi dari Dinas Sosial akan dilakukan pemulangan ke daerah asal, untuk daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah masing-masing ada kuota 100 orang, tapi itu menunggu penetapan kebijakan lebih lanjut,"ucapnya.

 

Iqbal menuturkan dengan kesiapan G20 ini tidak ada toleransi lagi bagi pedagang kaki lima yang ada di sekitar Istiqlal demi kenyamanan akses para pengunjung atau jamaah yang akan beribadah di Istiqlal. "Malam ini kita juga akan melakukan pembersihan dan penyemprotan trotoar sehingga kawasan sekitar Istiqlal lebih baik lagi," tuturnya.

 

Usai melakukan penindakan kepada PPKS dan PKL, Pemkot akan menyiagakan petugas-petugas lapangan untuk berjaga dan melakukan sosialisasi. "Pasti, kita akan siagakan petugas lapangan yang akan menyampaikan sosialisasi tersebut, tentu ada petugas dan nanti akan dikoordinasikan," tutupnya.