Pemkot Jakpus Antisipasi Musim Hujan

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) telah melakukan antisipasi untuk menghadapi awal musim penghujan tahun ini.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, persiapan dan antisipasi musim hujan yang dilakukan pihaknya meliputi, memastikan seluruh pompa air yang ada di Jakpus berfungsi dengan baik, memastikan saluran air mengalir dengan lancar, begitupun dengan tali-tali air.

Di samping itu, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, serta memantau aliran air yang berpotensi mengalami sumbatan.

“Sebenarnya ini antisipasi rutin saja. Kita pastikan semua pompa berfungsi dengan baik, pintu air, tali-tali air, serta upaya pembersihan saluran di sekitar kita. Itu harus jadi perhatian kita,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Jumat (9/9).

Dhany juga menekankan, penanganan dan antisipasi genangan juga menjadi persiapan menghadapi musim hujan. Di mana target menangani genangan tidak lebih dari 6 jam.

Dhany menjelaskan, saat terjadi curah hujan tinggi memang tidak bisa dihindari, apalagi bila terjadi tingginya aliran air dari hulu, dan kenaikan rob. Namun sejauh ini pihaknya sudah melakukan antisipasi dititik rawan genangan seperti membuat sumur resapan di Masjid Al I'tishom, kemudian membuat kolam olakan, dan pembuatan pompa air di Karet Tengsin.

“Kita buat penutup saluran yang berpotensi membawa air ke lingkungan warga kemudian kita crossing buat di situ kolam olakan. Di Benhil juga demikian kita buat turap-turap sambil pompanya kita optimalkan begitu pula yang ada di Tanah Abang, Petamburan, pompa berfungsi, kolam olakan sudah bagus sehingga ketika hujan kita bisa mengatasi,” tandasnya.